FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT NASABAH DALAM MENABUNG DI BANK SYARIAH INDONESIA SUDIRMAN KC TULUNGAGUNG

Hamdani, Ahmad Nurul (2021) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT NASABAH DALAM MENABUNG DI BANK SYARIAH INDONESIA SUDIRMAN KC TULUNGAGUNG. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_AHMAD NURUL HAMDANI_210817179.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Hamdani, Ahmad Nurul. 2021. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Dalam Menabung Di Bank Syariah Indonesia Sudirman Kc Tulungagung. Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Ely Masykuroh, SE, M.SI

Kata Kunci: Minat Nasabah, pelayanan, marketting mix, motivasi, fasilitas, psikologis, pengetahuan, kualitas produk.
Minat dikenal sebagai kecenderungan untuk membeli atau memkai produk/jasa yang diukur dengan tingkat kemampuan atau penyesuaian dengan kebutuhannya, hal ini membuktikan bahwa minat sangat penting dalam dunia perbankan salah satu nya yaitu minat nasabah menabung.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) faktor apa saja yang mempengaruhi minat nasabah dalam menabung di Bank Syariah Indonesia Sudirman Kc Tulungagung 2) faktor apa yang paling dominan mempengaruhi minat nasabah dalam menabung di Bank Syariah Indonesia Sudirman Kc Tulungagung.
Jenis penelitian yang dilakukan penulis dengan menggunakan metode kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini nonprobability sampling dengan teknik pengambilan sampel menggunakan sampling insidental. Data yang digunakan pada penelitian ini merupakan data primer. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis faktor, kemudian data diperoleh dianalisis selanjutnya menarik kesimpulan berdasarkan hasil analisis faktor dari data tersebut.
Hasil penelitian diketahui bahwa 1) faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah dalam menabung di Bank Syariah Indonesia Sudirman Kc. Tulungagung yaitu pertama faktor pelayanan dengan nilai eigenvalue sebesar 4,123, kedua faktor marketting mix dengan nilai eigenvalue sebesar 3,082, ketiga faktor fasilitas dengan nilai eigenvalue 1,948, keempat faktor motivasi dengan nilai eigenvalue sebesar 1,792, kelima faktor psikologis dengan nilai eigenvalue sebesar 1,523, keenam pengetahuan dengan nilai eigenvalue sebesar 1,158 dan ketujuh faktor kualitas produk dengan nilai eigenvalue sebesar 1,037. 2) faktor yang paling dominan terhadap minat nasabah dalam menabung di Bank Syariah Indonesia Sudirman Kc. Tulungagung adalah faktor Pelayanan yang meliputi (X1.4) Ketanggapan, (X1.1) Kehandalan, (X1.6) Jaminan, (X1.2) Kehandalan, X1.10 Bentuk Fisik dan (X1.5) Ketanggapan. Karena faktor pelayanan memiliki nilai Persentage of varians sebesar 18,741 diantara faktor-faktor yang lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ely Masykuroh
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Nov 2021 06:49
Last Modified: 22 Nov 2021 06:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16591

Actions (login required)

View Item View Item