Implementasi Permainan Tradisional Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Pada Anak Kelompok B Di RA Al-Ulum Kasihan Tegalombo Pacitan

Ula, Khoiriyatul (2021) Implementasi Permainan Tradisional Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Pada Anak Kelompok B Di RA Al-Ulum Kasihan Tegalombo Pacitan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211117023_KHOIRIYATUL ULA_PIAUD.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan motorik kasar perlu diperhatikan oleh orang tua dan juga guru agar perkembangan motorik kasar anak dapat berkembang dengan maksimal. Kemampuan motorik kasar anak yang belum maksimal dikarenakan kurangnya fasilitas yang dimiliki oleh sekolah dan juga kurangnya perhatian guru dalam mengembangkan motorik kasar. Pembelajaran yang cenderung monoton di dalam kelas dan jarang ada kegiatan yang berada di luar kelas membuat anak mudah bosan.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1). Untuk mengtahui aktivitas kelompok B di RA Al-Ulum Kasihan Tegalombo Pacitan saat mengikuti yang dalam yang dalam perancangannya menggunakan permainan tradisional? (2) Untuk mengetahui pengelolaan pembelajaran yang dilakukan guru saat melaksanakan pembelajaran yang dalam perancangannya menggunakan permainan tradisional? (3) Untuk mengetahui implementasi permainan tradisional dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak kelompok B di RA Al-Ulum Desa Kasihan Kecamatan Tegalombo Kabupaten Pacitan?.
Rumusan masalah dari penelitian ini yakni: (1) Bagaimana aktivitas kelompok B di RA Al-Ulum Kasihan Tegalombo Pacitan saat mengikuti yang dalam yang dalam perancangannya menggunakan permainan tradisional? (2) Bagaimanakan pengelolaan pembelajaran yang dilakukan guru saat melaksanakan pembelajaran yang dalam perancangannya menggunakan permainan tradisional? (3) Apakah implementasi permainan tradisional dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak kelompok B di RA Al-Ulum Desa Kasihan Kecamatan Tegalombo Kabupaten Pacitan?
Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kurt Lewin yang terbagi menjadi 2 siklus dan setiap siklusnya memiliki tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas kelompok B saat mengikuti pembelajaran dalam rancangan menggunakan permainan tradisiona yaitu disambut dengan sangat antusias oleh anak. Sebelumnya pembelajaran yang membuat anak bosan dan juga kurang semangat. Ditrapkannya permainan tradisional membuat anak menjadi lebih semangat dan juga antusias dalam mengikuti pembelajaran (2). Pengelolaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru yang pertama yaitu menyipkan alat dan bahan yang akan digunaan untuk kegiatan pembelajaran kemudian guru menjelaskan kepada anak-anak tentang kegiatan tersebut setelah itu dipraktikkan dengan arahan dan bimbingan dari guru. (3) Penerapan permainan tradisional petak umpet, lompat tali, dan juga engkleng yang di laksankan di RA Al-Ulum Desa Kasihan Kecamatan Tegalombo Kabupaten Pacitan pada kelompok B itu terbukti dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak dengan nilai yang terus meningkat dalam setiap siklusnya. Peningkatan itu ditunjukkan pada siklus I yang meningkat dengan nilai rata-rata 25 atau 60%. Sedangkan peningkatan perkembangan motorik kasar pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata 35 atau 88% .

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ratna Nila Puspitasari
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Nov 2021 04:17
Last Modified: 22 Nov 2021 04:17
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16575

Actions (login required)

View Item View Item