..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)..analisis dampak lingkungan masyarakat dari penambangan pasir dalam perpektif ekonomi islam (studi kasusdi desa sumberarum kecamatan ngraho kabupaten bojonegoro)

Aningsih, Setyowati (2021) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)..analisis dampak lingkungan masyarakat dari penambangan pasir dalam perpektif ekonomi islam (studi kasusdi desa sumberarum kecamatan ngraho kabupaten bojonegoro). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210717132_SETYOWATI ANINGSIH_EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Aningsih, Setyowati. “Analisis Dampak Lingkungan Masyarakat Dari Penambangan Pasir Dalam Perpektif Ekonomi Islam” (Studi KasusDi Desa Sumberarum Kecamatan Ngraho Kabupaten Bojonegoro). Skripsi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Program Studi Ekonomi Syariah. Pembimbing Muchtim Humaidi, M. IRKH.
Kata Kunci: Dampak Lingkungan, Penambangan Pasir.

Penelitian ini di latar belakangi adanya kegiatan masyarakat Desa Sumberarum yang mayoritas masyarakatnya bekerja sebagai buruh tani dan kuli panambang pasir. Dengan pekerjaan yang tidak tetap dan hasil pendapatan yang minim sehingga masyarakat mencari pekerjaan sampingan sebagai kuli tambang. Terkait lingkungan hidup dalam konsep islam manusia sebagai makhluk Allah yang diberi amanat sekaligus khalifah di muka bumi ini wajib mengelola sumber daya alam dan lingkungan hidupnya. Dalam menjaga lingkungan, pemilik usaha tambang sudah melakukan upaya untuk menjaga ekosistem alam agar tetap terjaga tetapi kegiatan penambangan pasir dilakukan secara terus-menerus sehingga berpotensi timbul kerusakan.Hal ini terkait dengan pemenuhan ekonomi masyarakat dengan tetap menjaga lingkungan hidup. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana dampak penambangan pasir terhadap lingkungan masyarakat Desa Sumberarum Kecamatan Ngraho Kabupaten Bojonegoro dan Bagaimana analisis ekonomi islam terhadap dampak lingkungan yang terjadi akibat dari penambangan pasir.
Jenis penelitian ini peneliti menggunakan dengan cara lapangan (field reseacrh) yang disertai dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat dianalisis menggunkan metode induktif yaitu diawali dengan pertanyaan khusus dan di akhir dengan pertanyaan umum.
Berdasarkan hasil penelitian di bawah dapat disimpulkan dari dampak penambangan pasir terhadap lingkungan masyarakat adanya kegiatan penambangan pasir di Desa Sumberarum memiliki dampak baik bagi masyarakat diantaranya terbukanya lowongan pekerjaan,terbantunya ekonomi masyarakat, dan dampak negatif dari kegiatan penambangan pasir tersebut diantaranya rusaknya ekosistem lingkungan seperti tanah longsor, jalan rusak, polusi udara.Penambangan pasir inidilakukan secara terus-menerus tanpa ada kesadaran pentingnya menjaga keseimbangan lingkungan maka masyarakat sekitarakan merasakan dampak yang lebih besar lagi. Dalam pandangan Islam hutan dan barang tambang merupakan sumber daya yang diberikan Allah SWT kepada manusia untuk dikelola dan dimanfaatkan secara baik dan benar.Dalam pengelolaan sumber daya alam manusia tetap harus menjaga keseimbangan ekosistem.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muchtim Humaidi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Nov 2021 04:19
Last Modified: 22 Nov 2021 04:19
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16571

Actions (login required)

View Item View Item