Pendekatan Stilistika Terhadap Kisah Ust}urah (Mitos) Menurut Muh}ammad Ah}mad Khalafulla>h Dalam Kitab Al-Fann Al-Qas}as}i> Fi> Al-Qur’a>n Al-Kari>m

Nendrasari, Faramela Nedya (2021) Pendekatan Stilistika Terhadap Kisah Ust}urah (Mitos) Menurut Muh}ammad Ah}mad Khalafulla>h Dalam Kitab Al-Fann Al-Qas}as}i> Fi> Al-Qur’a>n Al-Kari>m. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FARAMELA N. IAT.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Faramela Nedya Nendrasari, 2021. Pendekatan Stilistika terhadap Kisah Ust}urah (Mitos) menurut Muh}ammad Ah}mad Khalafulla>h dalam Kitab al-Fann al-Qas}as}i fi al-Qur’a>n al-Kari>m. Skripsi. Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Umi Kalsum, M. S. I.

Kata Kunci:Kisah Mitos, Kitab al-Fann al-Qas}as}i fi al-Qur’a>n al-Kari>m, Alquran

Alquran merupakan kitab keagamaan yang otentisitasnya tidak perlu diragukan lagi. Namun, bagaimana jika Alquran dikaitkan dengan kisah-kisah mitos. Jika kisah mitos tersebut dikaitkan dengan Alquran, yang akan menjadi tanda tanya besar adalah apakah kisah tersebut tidak mengurangi otentisitas Alquran? Sehingga diperlukan penelitian lebih mendalam terhadap pemikiran yang yang menganggap adanya kisah mitos dalam Alquran. Seiring perkembangannya, para mufassir melakukan interpretasi baru terhadap Alquran dengan metode sastra. Di antaranya stilistika/ uslu>b. yang merupakan cabang linguistik yang menguraikan gaya bahasa. Stilistika dapat diterapkan pada ayat yang berkaitan dengan kisah. Untuk melakukan pembacaan kisah mitos ini, penulis mengacu pada karya Khalafulla>h, al-Fann al-Qas}as}i fi al-Qur’a>n al-Kari>m, dengan rumusan masalah Bagaimana pandangan Muh}ammad Ah}mad Khalafulla>h terhadap adanya kisah mitos dalam Alquran dalam Kitab al-Fann al-Qass}a}si fi> al-Qur’a>n al-Kari>m? Bagaimana konteks sejarah dan pemikiran yang mempengaruhi pemikiran Muh}ammad Ah}mad Khalafulla>h tentang pendekatan stilistika terhadap kisah mitos dalam Alquran? Bagaimana metode stilistika pemaparan kisah mitos Alquran menurut Muh}ammad Ah}mad Khalafulla>h?
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan penelitian kepustakaan (library research). Penelitian ini menggunakan sub-pendekatan historis karena pemikiran Khalafulla>h memiliki keterikatan dengan pemikiran penafsir sebelumnya yaitu Ami>n al-Khu>li>. Selain itu, penelitian ini menggunakan pendekatan interpretatif dengan sub-pendekatan sastrawi yang ditopang oleh tinjauan filosofis dan psikologis. Sedangkan untuk menganalisa data, penulis menggunakan metode deskriptif analisis dan analisis eksplanatori/penjelas.
Setelah penulis melakukan deskripsi dan analisis terhadap pemikiran Khalafulla>h tentang mitos dalam Alquran, maka penulis menemukan kesimpulan bahwa kisah-kisah mitos adalah bagian dari kisah-kisah sastra yang terdapat dalam Alquran . Jasad kisah bukan maksud yang dituju oleh Alquran. Akan tetapi, maksud sebenarnya adalah berbagai bimbingan dan petunjuk keagamaan serta moral. Fenomena tersebut menjadi bukti bahwa kisah mitos Alquran adalah bagian karya sastra yang dimaksudkan untuk menjadi media atau sarana untuk menyampaikan pesan-pesan psikologis, bukan hanya teologis.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umi Kalsum
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Nov 2021 04:20
Last Modified: 22 Nov 2021 04:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16563

Actions (login required)

View Item View Item