Tinjauan Hukum Islam Terhadap Sistem Multi Level Marketing Di Travel Haji Dan Umrah Pada PT Mabruro Cabang Ponorogo

Lutfiah, Halimah Nur (2021) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Sistem Multi Level Marketing Di Travel Haji Dan Umrah Pada PT Mabruro Cabang Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI HALIMAH NUR LUTFIAH-210216093-HES.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Nur Lutfiyah, Halimah, 2021. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Sistem Multi Level Marketing di Travel Haji dan Umrah (Studi Kasus di PT Mabruro Cabang Ponorogo). Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Rifah Roihanah., M.Kn.

Kata Kunci: Hukum Islam, Sistem MLM, PT. Mabruro Cabang Ponorogo

Dalam praktik pemasaran produk Mabruro yang dilakukan oleh para anggota yang mencari calon jamaah haji dan umrah PT Mabruro Cabang Ponorogo menimbulkan keraguan, sehingga para anggota yang mencari calon jamaah haji dan umrah mengalami kesulitan karena dalam sistem Multi Level Marketingnya PT Mabruro tidak memberikan informasi terkait akad yang digunakan dan sistem bonus yang diberikan. Sedangkan dalam teori akad Ijārah dan juălah dijelaskan secara nyata mengenai hal-hal yang berkaitan dengan akad tersebut entah itu syarat sah dan sebagainya.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap akad sistem Multi Level Marketing di travel haji dan umrah di PT Mabruro Cabang Ponorogo, Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap sistem pemberian bonus pada Multi Level Marketing di PT Mabruro Cabang Ponorogo.

Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan metode penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan tekhnik pengumpulan data yang dilakukan adalah menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan menggunakan metode induktif, yaitu suatu cara yang dipakai untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dengan bertitik tolak dari pengamatan atas masalah yang bersifat khusus kemudian menarik kesimpulan bersifat umum.

Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa akad yang digunakan dalam sistem Multi Level Marketing adalah akad ujrah/ijarah (upah kerja) yang mana pemberian upah atas jasa yang diberikan oleh PT Mabruro kepada calon jamaah haji dan umroh sesuai dengan apa yang ada di syarat dan ketentuan dalam akad ijarah. Sedangkan pemberian bonus pada sistem Multi Level Marketing menurut tinjauan hukum Islam dan menggunakan teori juălah, belum sesuai dengan sistem pemberian bonusnya karna mengandung unsur gharar atau ketidakjelasan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Rif'ah Roihanah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Nov 2021 04:22
Last Modified: 22 Nov 2021 04:22
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16560

Actions (login required)

View Item View Item