analisis strategi pemasaran pada produk pembiayaan murabahah di bmt surya mandiri mlarak dalam meningkatkan keunggulan kompetitif

Nabella, Eka Yasmin (2021) analisis strategi pemasaran pada produk pembiayaan murabahah di bmt surya mandiri mlarak dalam meningkatkan keunggulan kompetitif. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210717020_EKA YASMIN NABELLA_ETHESES.pdf

Download (742kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Nabella, Eka Yasmin. 2021. Analisis Strategi Pemasaran Pada Produk Pembiayaan Murabahah Di BMT Surya Mandiri Mlarak Dalam Meningkatkan Keunggulan Kompetitif. Skripsi. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing. Dr. Aji Damanuri, M.E.I.
Kata Kunci : Segmentasi, Targeting, Positioning, Murabahah, Keunggulan Kompetitif
Dalam pemasaran produk strategi pemasaran merupakan faktor penting untuk menarik minat nasabah. BMT Surya Mandiri Mlarak merupakan lembaga pendukung kegiatan ekonomi masyarakat kecil dengan berlandaskan syariat islam, guna untuk memfasilitasi masyarakat bawah yang membutuhkan dan tanpa proses yang lama. Dalam upaya mempertahankan eksistansi dengan lembaga lain, BMT Surya Mandiri Mlarak harus mampu bersaing secara kompetitif dengan menerapkan segmentasi, targeting, positioning guna untuk mempertahankan citra dari lembaga.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Analisis Segmentation Pada Pembiayaan Murabahah Di BMT Surya Mandiri Mlarak Dalam Meningkatkan Keunggulan Kompetitif ? (2) Bagaimana Analisis Targeting Pada Pembiayaan Murabahah Di BMT Surya Mandiri Mlarak Dalam Meningkatkan Keunggulan Kompetitif ? (3) Bagaimana Analisis Positioning Pada Pembiayaan Murabahah Di BMT Surya Mandiri Mlarak Dalam Meningkatkan Keunggulan Kompetitif ? Dalam penyusunan skripsi, penulis menggunakan metode penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Hasil dari penelitian ini adalah penerapan strategi pemasaran yang dilakukan oleh BMT Surya Mandiri Mlarak dengan menggunakan segmentation, targeting, positioning. Strategi segmentasi yang diterapkan sudah memenuhi kriteria 3 dari 4 jenis yaitu geografi, demografi, dan perilaku. Strategi targeting pasar utamanya adalah pedagang, segmen pasar yang digunakan yaitu ukuran dan pertumbuhan segmen, serta sasaran sumber daya bank, segmen pasar yang digunakan yaitu serba sama,serba aneka, pemasaran terpadu dan full market. strategi postioning yang digunakan ada 3 jenis yaitu positioning berdasarkan manfaat, positioning berdasarkan masalah, dan positioning kepada pesaing.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Aji Damanuri
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Nov 2021 04:24
Last Modified: 22 Nov 2021 06:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16555

Actions (login required)

View Item View Item