..(TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..analisis undang-undang nomor 41 tahun 2004 tentang wakaf terhadap penarikan kembali tanah wakaf di desa rejomulyo kecamatan panekan kabupaten magetan

Isrofi, Chindi Nafidatul (2021) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..analisis undang-undang nomor 41 tahun 2004 tentang wakaf terhadap penarikan kembali tanah wakaf di desa rejomulyo kecamatan panekan kabupaten magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_CHINDI NAFIDATUL ISROFI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Isrofi, Chindi Nafidatul, 2021. Analisis Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 tentang Wakaf terhadap Penarikan Kembali Tanah Wakaf di Desa Rejomulyo Kecamatan Panekan Kabupaten Magetan. Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Saifullah, M. Ag.

Kata kunci/keyword: Wakaf, Penarikan Kembali Tanah Wakaf.
Penarikan wakaf yaitu pendiri MI Rejomulyo sekaligus wa>qif yang bernama Bapak Ahmad Sirman mewakafkan tanah miliknya untuk dijadikan MI Rejomulyo. Akan tetapi tanah yang diwakafkan tersebut berupa tanah bengkok desa. Pada saat Bapak Ahmad Sirman mewakafkan tanahnya di tahun 1973 untuk dijadikan MI Rejomulyo, selang beberapa tahun kemudian beliau meninggal. Pada tahun 2013 tanah wakaf tersebut akan disertifikatkan, tetapi tidak bisa disertifikatkan karena tanah tersebut berupa tanah bengkok desa. Kemudian pada saat cucu waqif mendaftar menjadi salah satu guru di MI Rejomulyo oleh pihak MI Rejomulyo ditolak. Berawal dari kejadian tersebut anak dari wa>qif yang bernama Bu Mukiyem menarik kembali tanah wakaf yang sudak di wakafkan oleh Bapak Ahmad Sirman.Pasal 69 ayat (2) Undang-undang Republik Indonesia Nomor 41 tahun 2004 tentang wakaf, bahwa harta wakaf tidak cukup dengan lisan, tetapi juga harus didaftarkan kepada Pejabat Pembuat Akta Ikrar Wakaf (PPAIW). Adapun rumusan dalam penelitian ini yaitu: Pertama, bagaimana analisis penarikan kembali tanah wakaf di Desa Rejomulyo, Kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan ditinjau dari Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004. Kedua, Bagaimana penyelesaian sengketa dalam kasus penarikan tanah wakaf di Desa Rejomulyo Kecamatan Panekan Kabupaten Magetan ditinjau dari Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004.
Penelitian skripsi ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) yang pada hakekatnya merupakan metode untuk menemukan secara khusus dan realistik apa yang tengah terjadi pada suatu saat di tengah masyarakat. Sedangkan, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan normatif yaitu penelitian hukum yang dikonsepkan sebagai apa yang tertulis dalam peraturan perundang-undangan atau hukum dikonsepkan sebagai kaidah atau norma yang merupakan petokan berperilaku manusia yang dianggap pantas.Berdasarkan pembahasan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Secara normatif menurut UU tentang Wakaf Nomor 41 Tahun 2004 tentang wakaf, bahwa penarikan tanah wakaf di desa Rejomulyo, kecamatan Panekan, kabupaten Magetan itu tidak diperbolehkan, karena tanah wakaf yang sudah melalui tahap proses ikrar wakaf antara wa>qif dan penerima wakaf. (2) Penarikan tanah wakaf di desa Rejomulyo, kecamatan Panekan, kabupaten Magetan tidak ada penyelesaian yang disepakati. Namun ada upaya penyelesaian sengketa yakni pihak keluarga wa>qif berinisiatif mengusulkan mengganti tanah wakaf tersebut dengan mencarikan ganti tanah..

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: SAIFULLAH
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Nov 2021 04:25
Last Modified: 22 Nov 2021 04:25
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16554

Actions (login required)

View Item View Item