Pola Rekrutmen Sumber Daya Manusia Dalam Memenuhi Kompetensi Syariah Di BMT Surya Mandiri Mlarak Ponorogo

Putri, Arum Tiara (2021) Pola Rekrutmen Sumber Daya Manusia Dalam Memenuhi Kompetensi Syariah Di BMT Surya Mandiri Mlarak Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210717021_Arum Tiara Putri_Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Putri, Arum Tiara. Pola Rekrutmen Sumber Daya Manusia dalam Memenuhi Kompetensi Syariah di BMT Surya Mandiri Mlarak Ponorogo.Skripsi.2021. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Unun Roudlotul Janah, M.Ag.

Kata Kunci: Sumber Daya Manusia, Rekrutmen, Kompetensi Syariah.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lembaga keuangan syariah BMT Surya Mandiri Mlarak Ponorogo yang merupakan lembaga keuangan syariah yang bertugas menghimpun dan menyalurkan dana. Dalam hal ini BMT melakukan perekrutan tenaga kerja dengan melalui dua metode yaitu eksternal dan internal.BMT juga melakukan serangkaian metode perekrutan mulai dari tahap penerimaan lamaran kerja, seleksi hingga penempatan kerja. Prinsip SDM di BMT Surya Mandiri Mlarak dalam bekerja memiliki empat cirri yaitu (1) shiddiq (benar dan jujur), (2) amanah (dapat dipercaya), (3) tabligh (Mengembangkan lingkungan dan bawahan menuju kebaikan), (4) fathonah (kompeten dan professional).Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana analisis rekrutmen SDM, pengembangan karyawa dan perencanaan karir SDM di BMT Surya Mandiri Mlarak Ponorogo.
Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif yaitu dengan penelitian lapangan (field research). Untuk data penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah itu diperoleh kemudian dilakukan analisis dengan menggunakan analisis deskriptif.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa mekanisme rekrutmen karyawan yang dilakukan BMT Surya Mandiri belum seluruhnya sesuai dengan teori karena masih terdapat tahapan selesksi yang belum diterapkan. Untuk pengembangan SDM di BMT juga masih belum dilakukan semestinya karena BMT saat ini hanya memberikan pelatihan dibidang informal sedangkan kegiatan formal ditiadakan. Dan untuk perencanaan karir SDM di BMT sudah sesuai dengan teori yaitu dengan melakukan promosi, rotasi atau mutasi, dan juga demosi. Hal ini dilakukan untuk melihat prestasi keahlian yang dimiliki karyawan apakah layak untuk diangkat jabatannya atau malah di turunkan jabatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Unun Roudlotul Janah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Nov 2021 04:28
Last Modified: 22 Nov 2021 04:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16553

Actions (login required)

View Item View Item