implementasi undang-undang nomor 41 tahun 2004 tentang wakaf di yayasan pondok pesantren miftahu nurul huda 3 desa banjarejo kabupaten magetan

Erika, Diaz Ayu (2021) implementasi undang-undang nomor 41 tahun 2004 tentang wakaf di yayasan pondok pesantren miftahu nurul huda 3 desa banjarejo kabupaten magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
DIAZ AYU ERIKA-210117021-SKRIPSI A5 APLOD.pdf

Download (7MB)

Abstract

Erika, Diaz Ayu, 2021. Implementasi Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 tentang Wakaf di Yayasan Pondok Pesantren Miftahu Nurul Huda 3 Desa Banjarejo Kabupaten Magetan. Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Isnatin Ulfah, M.H.I.
Kata kunci/keyword: Wakaf, Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004, Tugas Na>z{ir.
Salah satu lembaga ekonomi Islam yang sangat berperan dalam pemberdayaan ekonomi umat adalah wakaf. Wakaf merupakan aset yang penting untuk pemberdayaan ekonomi umat, sayangnya banyak yang belum dikelola dengan baik buktinya tidak diadministrasikan seperti yang terjadi di Yayasan Pondok Pesantren Miftahu Nurul Huda 3, na>z{ir mempunyai tugas yaitu melakukan pengadministrasian harta wakaf, tetapi di Pondok Pesantren Miftahu Nurul Huda 3 ini belum ada akta ikrar wakaf, ikrar wakaf masih bi lisa>n, dan na>z{ir belum melaporkan pelaksanaan tugas ke BWI. Karena itu peneliti tertarik untuk meneliti apakah pengimplementasian yang dilakukan oleh na>z{ir sudah sesuai apa belum.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana implementasi Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 tentang wakaf terhadap tugas na>z{ir dalam pengadministrasian harta wakaf di Yayasan Pondok Pesantren Miftahu Nurul Huda 3 Desa Banjarejo Kabupaten Magetan? (2) Bagaimana implementasi Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 tentang wakaf terhadap tugas na>z{ir dalam mengembangkan aset wakaf secara produktif di Yayasan Pondok Pesantren Miftahu Nurul Huda 3 Desa Banjarejo Kabupaten Magetan?
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode pendekatan normatif-yuridis, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi untuk menggali data kemudian mereduksinya.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Impelentasi Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 tentang Wakaf terhadap tugas na>z{ir dalam pengadministrasian harta wakaf di Yayasan Pondok Pesantren Miftahu Nurul Huda 3 adalah dengan cara mendaftarkan tanah ke Badan Pertanahan sehingga sudah memperoleh sertifikat tanah wakaf, pensertifikatan tanah tersebut menunjukkan bahwa na>z{ir sudah mengimplementasikan salah satu tugas na>z{ir dalam hal pengadministrasian sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 Pasal 32. Tetapi, dalam hal ikrar wakaf masih bi lisa>n belum tertulis, sehingga belum memperoleh Akta Ikrar Wakaf dan na>z{ir juga belum melaporkan pelaksanaan tugasnya ke Badan Wakaf Indonesia. Itu artinya na>z{ir belum mengimplementasikan Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 tentang Wakaf Pasal 11. (2) Implementasi Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 tentang Wakaf terhadap tugas na>z{ir dalam mengembangkan aset wakaf secara produktif di Yayasan Miftahu Nurul Huda 3 adalah dengan cara mengembangkan tanah yang dibangun masjid, kemudian dikembangkan oleh na>z{ir dengan membangun pondok pesantren. Selain itu, na>z{ir juga memanfaatkan tanah wakaf itu untuk mendirikan konter dan kios bensin yang hasilnya digunakan untuk biaya operasional para santri. Apa yang dilakukan oleh na>z{ir tersebut menunjukkan mereka sudah mengimplementasikan Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 tentang Wakaf dalam hal mengembangkan aset wakaf secara produktif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Isnatin Ulfah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2021 02:16
Last Modified: 23 Nov 2021 02:16
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16546

Actions (login required)

View Item View Item