...(PERBAIKI FILE SESUAI PEDOMAN, ISI MULAI DARI COVER, LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, SERTA PERBAIKI WATERMARK, UPLOAD ULANG)....PESAN DAKWAH TRADISI PERINGATAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW DI DESA COPER KECAMATAN JETIS KABUPATEN PONOROGO (ANALISIS SEMIOTIKA FERDINAN DE SAUSSURE)

Saputra, Yudi Herman (2021) ...(PERBAIKI FILE SESUAI PEDOMAN, ISI MULAI DARI COVER, LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, SERTA PERBAIKI WATERMARK, UPLOAD ULANG)....PESAN DAKWAH TRADISI PERINGATAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW DI DESA COPER KECAMATAN JETIS KABUPATEN PONOROGO (ANALISIS SEMIOTIKA FERDINAN DE SAUSSURE). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Yudi Herman Saputra_KPI.IAIN Ponorogo.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Yudi Herman Saputra. 2021. Tradisi Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Di Desa Coper Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo (Analisis Semiotika Ferdinan De Saussure) Skripsi. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Dr, Ahmad Munir, M.Ag.

Kata Kunci : Trdaisi, Makna tradisi, Semiotika

Tradisi maulid nabi Muhammad SAW merupakan tradisi perayaan kelahiran nabi Muhammad SAW, tradisimaulid nabi yang ada di desa Coper Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo ini dirayakan dengan berbagai ritual tradisi didalamnya ada gunungan tradisi sebar uang, rangsulan, dan gunungan hasil bumi.dimana dari masing-masing tradisi ini mempunya makna tersendiri.
Dalam skripsi ini, peneliti menyajikan pembahasan meliputi : pertama, bagaimana bentuk tradisi peringatan maulid nabi Muhammad SAW. Kedua, Apa penanda dan petanda tradisi peringatan maulid nabi Muhammad SAW. Ketiga, Bagaimana kontekstualisasi tradisi peringatan maulid nabi dalam melestarikan budaya dan nilai dakwah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk tradisi yang ada dalam peringatan maulid nabi, penanda dan petanda tradisi serta bagaimana kontekstualisasi tradisi peringatan maulid nabi dalam melestarikan budaya dan nilai dakwah.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini di desa Coper Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo. Penulis mendapatkan sumber data melalui observasi lapangan, wawancara, dan dokumentasi dari tokoh masyarakat dan kekaoa desa Coper. Adapun tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi, data yang berhasil dikumpulkan selanjutnya dianalisis dengan menggunakan pendekatan semiotika Ferdinan De Saussure. yaitu dengan memilah yang dimaksud dengan signifier (Penanda, aspek material berupa tulisan, gambar maupun suara yang bermakana), signified (Pertanda; “gambaran mental” pemikiran atau konsep aspek mental dari simbol), dan signification pada simbol yang ada dalam tradisi.
Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan: (1) Bentuk tradisi maulid nabi Muhammad SAW dengan berbagai simbol tradisi seperti sebar uang, rangsulan dan gunungan hasil bumi serta makna yang ada didalamnya. (2) Penanda dan petanda tradisi maulid nabi Muhammad Saw berupa simbol yang ada (3) kontekstualisasi tradisi peringatan maulid nabi dalam melestarikan budaya dan nilai dakwah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Munir
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Nov 2021 04:33
Last Modified: 22 Nov 2021 04:33
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16536

Actions (login required)

View Item View Item