Peran Dana Desa di Desa Karangan untuk Pembangunan Ekonomi Desa dalam Perspektif Ekonomi Islam

Nuraini, Aprilia (2021) Peran Dana Desa di Desa Karangan untuk Pembangunan Ekonomi Desa dalam Perspektif Ekonomi Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
210717231_Aprilia Nuraini_Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Nuraini, Aprilia. 2021. Peran Dana Desa Di Desa Karangan Untuk Pembangunan Ekonomi Desa Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Skripsi, Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Muhtadin Amri, M.S.Ak.
Kata Kunci: Dana Desa, Pembangunan Ekonomi Desa, Perspektif Ekonomi Islam
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program program yang ada di Desa Karangan, seberapa akurat arah dari pembangunan masyarakat desa Karangan, seberapa banyak program yang sudah dijalankan oleh pemerintah desa, seberapa besar animo masyarakat dalam menjalankan sebuah program dari pemerintah desa, seberapa peduli masyarakat dengan program Dana Desa hambatan-hambatan apa saja yang menjadi kendala bagi pelaksanaan program dana desa, faktor yang mendukung berlangsungnya program Dana Desa.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yaitu dengan penelitian lapangan. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yaitu dengan mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti program pembangunan desa karangan 70% bisa dikatakan menyentuh pembangunan di bidang instruktur hal ini terjadi sejak awal 201 awal mula masuknya dana desa di desa karangan, setelah itu program kerja pembangunan desa beralih kepada pemberdayaan dan peningkatkan kualitas hidup masyarakat desa karangan yang dimulai sejak tahun 2018 Alokasi dan arah dana desa setelah cair pada 2015 diperuntukan untuk mempercepat pembangunan yang disesuaikan dengan pedoman dari pemerintah guna membangun insfrakstuktur yang baik dan mulailah pada saat itu dana desa di lakukan untuk pembangunan desa. masuknya dana desa ke desa karangan pemeri ntah saat ini sudah dan sedang membina 9 program pembangunan ekonomi, pembangunan insfrakstukur serta pembangunan SDM yang semua bertujuan untuk membangun kemajuan desa karangan, sembilan program tersebut diantaranya yaitu pembuatan jalan aspal atau paving, drainase talut, renovasi jalan aspal, BUMDes, posyandu, posbindu, paralega dan BPNT, meski sebenarnya yang menjadi pekerjaan rumah pemerintah desa sekarang adalah pembuatan BUMDes baru yang terhalang oleh covid-19 . Hambatan yang dialami oleh pemerintah desa adalah penyesuaian terhadap pergantian kepemimpinan / kades, akan tetapi hal ini tidak berdampak pada pembangunan. Faktor faktor penunjang dalam telaksananya pembangunan di desa karangan adalah masyarakat desa yang mau untuk diberdaya gunakan sebagai pelaksana dalam program padat karya tunai, serta suntikan dana dari pemerintah yaitu dana desa membuat percepatan pembangunan lebih mudah dilaksanakan dengan maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhtadin Amri
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Nov 2021 04:30
Last Modified: 22 Nov 2021 04:30
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16533

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item