...(PERBAIKI FILE KEASLIAN TULISAN DENGAN FILE ASLI BERWARNA BUKAN COPY FILE, UPLOAD ULANG)...Tinjauan Sadd Al-Dhari'ah terhadap Peran Konselor Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (Pusyan Gatra) Kabupaten Ponorogo dalam Menangani Konflik Keluarga

Yuliana, Nikmatul (2021) ...(PERBAIKI FILE KEASLIAN TULISAN DENGAN FILE ASLI BERWARNA BUKAN COPY FILE, UPLOAD ULANG)...Tinjauan Sadd Al-Dhari'ah terhadap Peran Konselor Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (Pusyan Gatra) Kabupaten Ponorogo dalam Menangani Konflik Keluarga. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
UPLOAD NIKMATUL YULIANA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Yuliana, Nikmatul, 2021. Tinjauan Sadd Al-Dhari>’ah terhadap Peran Konselor Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (PUSYAN GATRA) Kabupaten Ponorogo dalam Menangani Konflik Keluarga. Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Isnatin Ulfah, M.H.I.
Kata kunci/keywod: Sadd Al-Dhari>’ah , Konselor, Pusyan Gatra Ponorogo

Dalam keluarga, konflik adalah sesuatu yang wajar terjadi, akan tetapi apabila tidak menemukan penyelesaian maka bisa berakibat pada perceraian. Berdasarkan hal tersebut pemerintah berupaya untuk melakukan pencegahan konflik keluarga dan membantu menyelesaikan permasalahan keluarga dengan cara membentuk Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (Pusyan Gatra). Pusyan Gatra bertujuan untuk mewujudkan ketahanan dan kesejahteraan keluarga serta agar keluarga dapat melaksanakan fungsi keluarga secara optimal menuju tercapainya keluarga sejahtera. Dengan dibentuknya Pusyan Gatra diharapkan mampu meminimalisir terjadinya konflik dan perceraian di Ponorogo, sesuai dengan teori sadd al-dhari>’ah, yakni jalan untuk mencegah suatu perbuatan agar tidak menimbulkan mafsadah.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana tinjauan sadd al-dhari>’ah terhadap upaya konselor Pusyan Gatra Kabupaten Ponorogo dalam pencegahan konflik keluarga? (2) Bagaimana tinjauan sadd al-dhari>’ah terhadap upaya konselor Pusyan Gatra Kabupaten Ponorogo dalam penyelesaikan konflik keluarga?
Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah metode analisis data yang digunakan peneliti adalah metode induktif.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa upaya konselor Pusyan Gatra dalam pencegahan konflik keluarga berupa, menyelenggarakan program talk show tentang ketahanan keluarga dan pemberdayaan keluarga di radio, bekerja sama dengan dengan lembaga lain dalam rangka bina keluarga. Hal itu jika ditinjau dari perspektif sadd al-dhari>’ah sudah masuk dalam kategori sadd al-dhari>’ah, dan upaya konselor

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Isnatin Ulfah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Nov 2021 04:26
Last Modified: 22 Nov 2021 04:26
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16531

Actions (login required)

View Item View Item