Tinjauan Sosiologi Hukum Islam Terhadap Hutang Piutang Dengan Sistem Ijon Petani Padi di Desa Bareng Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo

Nurkumalasari, Fera Retno (2021) Tinjauan Sosiologi Hukum Islam Terhadap Hutang Piutang Dengan Sistem Ijon Petani Padi di Desa Bareng Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FERA RETNO ethesis.pdf

Download (888kB) | Preview

Abstract

Sosiologi hukum Islam adalah cabang ilmu yang mempelajari hukum Islam dalam konteks sosial, cabang ilmu yang secara analitis dan empiris mempelajari pengaruh timbal balik antara hukum Islam dan gejala-gejala sosial lainnya. Di Desa Bareng Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo terdapat praktik hutang piutang dengan sistem ijon dimana petani berhutang kepada tengkulak dan membayar hutang tersebut dengan hasil panen padi. Sehingga penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang Tinjauan Sosiologi Hukum Islam Terhadap Hutang Piutang Dengan Sistem Ijon Petani Padi di Desa Bareng Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo.
Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) Bagaimana tinjauan sosiologi hukum Islam terhadap kebiasaan transaksi hutang piutang dengan sistem ijon petani padi di desa Bareng Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo? (2) Faktor-faktor apakah yang melatarbelakangi tengkulak dalam menentukan harga padi yang dibeli dari petani di Desa Bareng Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo? Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif, yang bersifat meembangun, mengembangkan, dan menemukan teori-teori sosial. Selanjutnya penulis juga menggunakan pendekatan normative sosiologi hukum, yaitu sebuah pendekatan yang berangkat dari cabang ilmu pengetahuan yang secara analitis dan empiris mempelajari hubungan timbal balik antara hukum dan fenomena sosial dengan meneliti data primer yang diperoleh langsung di lapangan. Melalui teknik pengumpulan data wawancara dan observasi.
Kebiasaan petani padi dalam melakukan praktik hutang piutang dengan sistem ijon di Desa Bareng Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo dapat dikatakan termasuk dalam Tindakan tradisional. Tampak dari sering dilakukan masyarakat yang menjadi kebiasaan, dan tidak adanya peraturan baku dalam bentuk tertulis serta perjanjian antara tengkulak dan petani hanya sebatas lisan. Ada empat faktor yang melatarbelakangi tengkulak dalam menetapkan harga padi yang dibeli dari petani. Kebiasaan prakting hutang piutang dengan sistem ijon petani dan Tindakan tengkulak dalam menetapkan harga padi yang dibeli dari petani padi dikategorikan sebagai urf fa>sid. Adapun alasannya adalah ada pihak yang dirugikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Achamad Baihaqi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Nov 2021 04:21
Last Modified: 22 Nov 2021 04:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16523

Actions (login required)

View Item View Item