Model Pembelajaran Sentra Bahan Alam untuk Mengembangkan Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini Di Tarbiyatul Athfal "Al-Manaar" Al-Islamiyah Ngabar Ponorogo Masa Pandemi Covid-19

Heni, Heni (2021) Model Pembelajaran Sentra Bahan Alam untuk Mengembangkan Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini Di Tarbiyatul Athfal "Al-Manaar" Al-Islamiyah Ngabar Ponorogo Masa Pandemi Covid-19. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211117004_HENI_PIAUD.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Heni. 2021. Model Pembelajaran Sentra Bahan Alam untuk Mengembangkan Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini Di Tarbiyatul Athfal “Al-Manaar” Al-Islamiyah Ngabar Ponorogo Masa Pandemi Covid-19. Skripsi. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Yuli Salis Hijriyani, M.Pd.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Sentra Bahan Alam, Kecerdasan Naturalis, Pandemi Covid-19
Dampak dari adanya pandemi Covid-19 pada dunia pendidikan sangat dapat dirasakan oleh para pelaku pendidikan. Melalui pembatasan interaksi, Kementerian Pendidikan di Indonesia juga mengeluarkan kebijakan yaitu meliburkan sekolah dan mengganti proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dengan menggunakan sistem dalam jaringan (daring). Tidak terkecuali dalam pendidikan anak usia dini. Dalam hal ini, model pembelajaran sentra bahan alam dalam proses pelaksanaannya kurang dapat berjalan secara maksimal. Sehingga diperlukan strategi yang tepat oleh guru agar pencapaian setiap indikator perkembangan terutama kecerdasan naturalis anak dapat tercapai.

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mendeskripsikan model pembelajaran sentra bahan alam masa pandemi covid-19 di TA “Al-Manaar” Al-Islamiyah Ngabar Ponorogo, dan 2) Untuk mendeskripsikan model pembelajaran sentra bahan alam dalam mengembangkan kecerdasan naturalis anak usia dini di TA “Al-Manaar” Al-Islamiyah Ngabar Ponorogo masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) model pembelajaran sentra bahan alam masa pandemi Covid-19 di TA “Al-Manaar” Al-Islamiyah Ngabar meliputi: perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran. 2) model pembelajaran sentra bahan alam untuk mengembangkan kecerdasan natauralis anak usia dini di TA “Al-Manaar“ Al-Islamiyah Ngabar masa pandemi Covid-19 ditunjukkan dengan beberapa pencapaian indikator kecerdasan naturalis, yaitu: anak mampu memahami dunia alamiah, ditunjukkan dengan kegiatan seperti mengamati, menyentuh, memegang merasakan tekstur benda, menghubungkan, membandingkan, membedakan, berinteraksi langsung dengan benda-benda sekitar; anak mampu umtuk mengklasifikasikan dan mengungkapkan fenomena alam, yang ditunjukkan melalui kegiatan seperti perubahan warna, mengenal terjadinya sebab dan akibat seperti membuang sampah sembarangan menyebakan banjir, serta mengenal macam-macam gejala alam lainnya; dan anak mampu untuk berinteraksi dengan makhluk hidup dan tumbuhan, yang ditunjukkan dengan anak memberi makan hewan peliharaan yang mereka miliki di rumah serta menyiram tanaman maupun bunga yang ada di rumah mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yuli Salis Hijriyani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Nov 2021 04:15
Last Modified: 22 Nov 2021 04:15
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16516

Actions (login required)

View Item View Item