pembacaan ayat-ayat suci al-qur’an surah ar-ru>m ayat 21 dalam prosesi temu manten adat jawa (studi living qur’an di desa patihan kidul, siman, ponorogo)

'Ulum, Muhammad Ari Fahmi (2021) pembacaan ayat-ayat suci al-qur’an surah ar-ru>m ayat 21 dalam prosesi temu manten adat jawa (studi living qur’an di desa patihan kidul, siman, ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Revisi SKRIPSI M. Ari Fahmi 'Ulum RTF.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Mohamad Ari Fahmi ‘Ulum, 2021. Pembacaan Ayat-ayat suci Al-Qur’an Surah Ar-Ru>m Ayat 21 dalam Prosesi Temu Manten Adat Jawa (Studi Living Qur’an di Desa Patihan Kidul, Siman, Ponorogo). Skripsi. Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Umi Kalsum, M.S.I
Kata Kunci: Prosesi Temu Manten, Doa, Makna Fungsional Al-Qur’an di Masyarakat.
Penelitian skripsi ini membahas tentang fenomena sosial Living Qur’an, yaitu tentang pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an surah Ar-Ru>m ayat 21 yang digunakan salah doa dalam prosesi temu manten adat Jawa di desa Patihan Kidul kecamatan Siman kabupaten Ponorogo.
Temu Manten merupakan salah satu tahapan yang ada didalam pernikahan adat Jawa, pengertian temu manten adalah dipertemukan antara temanten laki-laki dan temanten perempuan di rumah pemelai perempuan. Sebelum kedua temanten menuju ke tempat pelaminan ada pembacaan doa yang dilakukan pujangga.
Untuk mengetahui bagaimana prosesi temu manten di Patihan Kidul, Siman, Ponorogo, peneliti membatasi skripsi ini pada dua rumusan masalah yaitu (1). Bagaimana praktik pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an dalam prosesi temu manten di desa Patihan Kidul, Siman, Ponorogo? (2). Bagaimana makna fungsional pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an surah Ar-Ru>m ayat 21 dalam prosesi temu manten di desa Patihan kidul, Siman, Ponorogo?
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yakni penelitian yang memberikan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Dalam proses pengumpulan data peneliti menggunakan 3 metode, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan mengambil data dari sebagian masyarakat Patihan Kidul (yakni bapak Yudi, bapak Jamil selaku pujangga atau sesepuh desa, bapak Kustur selaku kepala desa Patihan Kidul) sebagai objek penelitian.
Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, peneliti menemukan dua poin permasalah utama yaitu: (1). Dalam pelaksanaan prosesi temu manten adat Jawa di desa Patihan Kidul selalu terselipkan doa yang dibacakan oleh pujangga. Doa tersebut yakni ayat-ayat suci Al-Qur’an surah Ar-Ru>m ayat 21. Praktik dalam pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an, sebelum menuju ke pelaminan doa tersebut dibacakan oleh pujangga, dalam membacannya menggunakan ilmu batin. dan ditiupkan ke dalam gelas untuk diberikan kepada kedua temanten. (2) Makna Fungsional Al-Qur’an surah Ar-Ru>m yang digunakan sebagai doa dalam prosesi temu manten di desa Patihan Kidul adalah sebagai wujud pendekatan diri kepada Allah SWT, sarana untuk menjamin suatu keselamatan, agar kedua temanten menjadi temanten yang sakinah, mawadah, wa rahmah. Serta supaya kedua temanten mendapatkan keberkahan melalui pembacaan firman-firman Allah SWT.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umi Kalsum
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Nov 2021 08:15
Last Modified: 19 Nov 2021 08:15
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16512

Actions (login required)

View Item View Item