Analisis Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Produk KPR Pada Pengalihan Utang (Take Over)Di Bank Syariah Indonesia Cabang Madiun

Ardella, Intan (2021) Analisis Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Produk KPR Pada Pengalihan Utang (Take Over)Di Bank Syariah Indonesia Cabang Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210817043_INTAN ARDELLA_Perbankan Syariah.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Abstrak

Ardella, Intan. Analisis Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Produk KPR Pada Pengalihan Utang (Take Over) Di Bank Syariah Indonesia Cabang Madiun. Skripsi. 2021. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Ajeng Wahyuni, M. Pd.
Kata Kunci: Take Over, Promosi, KPR
Pada produk KPR terdapat salah satu pembiayaan yang dimiliki yaitu pembiayaan take over. Take over yaitu pengambilalihan fasilitas kredit dari satu bank oleh bank lainnya. Produk KPR pada pengalihan utang (take over) di BSI Madiun belum memenuhi target sehingga berdampak pada rendahnya jumlah nasabah. Hal ini karena terdapat kendala yaitu kurangnya pengetahuan serta pemahaman masyarakat tentang perbankan syariah terutama pada pembiayaan take over produk KPR dan kurang efektifnya kegiatan promosi dari pihak bank akibat mewabahnya virus covid – 19. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi promosi yang dilakukan oleh BSI Madiun serta faktor apa saja yang menjadi penghambat strategi promosi yang dilakukan oleh BSI Madiun.
Penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian adalah di BSI KC Madiun yang beralamatkan di Jl. S Parman No. 44, Oro – Oro Ombo, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63119. teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu wawancara dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kurangnya jumlah nasabah produk KPR pada pengalihan utang (take over) disebabkan oleh indikator promosi khususnya pada media promosi atau kegiatan promosi. Strategi promosi yang digunakan oleh BSI Madiun diantaranya dengan menggunakan periklanan, penjualan pribadi, promosi penjualan dan publisitas. Salah satu strategi promosi yang masih kurang efektif yaitu penjualan pribadi hal ini karena pihak BSI Madiun tidak melakukan tatap muka langsung dengan nasabah melainkan dengan menggunakan media sosial yang tingkat keberhasilannya kurang dari 50 %. Sementara itu, kegiatan promosi juga dibatasi akibat adanya wabah pandemic covid – 19 yang belum usai. Sementara faktor yang menjadi penghambat strategi promosi yang dilakukan oleh BSI Madiun yaitu kurangnya pengetahuan serta pemahaman masyarakat serta kondisi pandemic covid – 19 yang mengharuskan pihak bank membatasi hingga memberhentikan sementara kegiatan seperti sosialisasi serta pameran sementara waktu.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ajeng Wahyuni
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Nov 2021 07:07
Last Modified: 19 Nov 2021 07:07
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16503

Actions (login required)

View Item View Item