Implementasi Prinsip Etika Bisnis Islam Pada Perilaku Pedagang Pasar Tradisional Mlilir Kecamatan Dolopo

Fatmawati, Refilia (2021) Implementasi Prinsip Etika Bisnis Islam Pada Perilaku Pedagang Pasar Tradisional Mlilir Kecamatan Dolopo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210717028_REFILIA FATMAWATI_EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Fatmawati, Refilia. “Implementasi Prinsip Etika Bisnis Islam Pada Perilaku Pedagang Pasar Tradisional Mlilir Kecamatan Dolopo”. Skripsi. 2021. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Unun Roudlotul Janah, M. Ag.
Kata kunci: Perilaku, Pedagang, Etika Bisnis Islam.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keberadaan pasar tradisional yang menjadi tempat transaksi jual beli. Hal tersebut masih sangat rentan dengan perilaku pedagang yang mengabaikan etika bisnis Islam dalam menjalankan usahanya. Akibatnya pedagang akan bertolak belakang dari tata cara berdagang secara syari’at Islam dikarenakan sikap ingin mendapatkan keuntungan yang besar dengan cara apapun sehingga konsumen dirugikan oleh praktek yang tidak dilandasi dengan prinsip-prinsip etika bisnis Islam seperti mengurangi takaran timbangan dan menyembunyikan barang merah kualitas buruk didalam kemasan yang tertutup barang kualitas bagus.
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pemahaman dan perilaku pedagang dalam prinsip etika bisnis Islam di pasar tradisional Mlilir Kecamatan Dolopo. Jenis penelitian yang digunakan ditinjau dari lokasi sumber datanya termasuk penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik pengelolaan datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam proses analisis data, Peneliti menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan menggunakan cara berfikir induktif.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, pemahaman pedagang di pasar tradisional Mlilir mengenai etika berdagang dalam Islam disimpulkan bahwa para pedagang tidak mengetahui etika bisnis Islam. Akan tetapi, dalam melaksanakan transaksi berdagang mereka menggunakan aturan yang telah diatur oleh agama Islam. Kedua, perilaku pedagang di pasar tradisional Mlilir telah sesuai dengan etika bisnis Islam yang meliputi, tidak melupakan ibadah shalat wajib, berdo’a dan bersedekah, adil atau seimbang dalam menimbang atau menakar dan tidak menyembunyikan cacat, memberikan kebebasan kepada penjual baru dan tidak memaksa pembeli, menepati janji dan bertanggungjawab atas kualitas barang, bersikap ramah tamah dalam melayani dan bermurah hati dengan memberi waktu tenggang pembayaran. Namun, sebagian perilaku pedagang ada yang tidak sesuai dengan etika bisnis Islam yaitu lalai dalam menjalankan ibadah shalat wajib ketika melakukan transaksi jual beli, tidak menepati janji, tidak bersikap ramah kepada pembeli dan tidak memberikan waktu tenggang pembayaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Unun Roudlotul Janah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Nov 2021 07:08
Last Modified: 19 Nov 2021 07:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16501

Actions (login required)

View Item View Item