Pengaruh Dana Pihak Ketiga Dan Ekuitas Terhadap Pembiayaan Dengan Prinsip Bagi Hasil Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia Periode 2015-2019

Aviya, Juli Ana Nur (2021) Pengaruh Dana Pihak Ketiga Dan Ekuitas Terhadap Pembiayaan Dengan Prinsip Bagi Hasil Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia Periode 2015-2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Aviya, Juli Ana Nur (2021).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Abstrak
Aviya, Juli Ana Nur. Pengaruh Dana Pihak Ketiga dan Ekuitas Terhadap Pembiayaan Dengan Prinsip Bagi Hasil Pada Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2015-2019. Skripsi. 2021. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Faruq Ahmad Futaqi, S.E., M.E.
Kata kunci: Dana Pihak Ketiga, Ekuitas, Pembiayaan Bagi Hasil
DPK (Dana Pihak Ketiga) adalah penghimpunan dana masyarakat di perbankan syariah menggunakan instrumen yang sama dengan penghimpunan dana pada Bank Konvensional, yaitu instrumen giro, tabungan, dan deposito. Dana Pihak Ketiga sebagai sumber pendanaan dari Bank Syariah. Oleh karenanya, semakin tinggi DPK yang dihimpun oleh Bank Syariah maka semakin tinggi pula pembiayaan yang akan disalurkan oleh Bank Syariah. Selain dana pihak ketiga faktor lain yakni berasal dari modal (ekuitas) merupakan aspek penting bagi unit usaha bank karena digunakan untuk memenuhi kebutuhan dalam setiap aktivitasnya. Ekuitas (modal) dapat digunakan untuk menjaga kemungkinan terjadinya risiko kerugian terutama yang berasal dari dana pihak ketiga. Semakin bagus sistem permodalan bank syariah maka akan membentuk kepercayaan yang kuat dari masyarakat sehingga dapat mempengaruhi keputusan nasabah dalam melakukan pembiayaan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa Pengaruh Dana Pihak Ketiga dan Ekuitas terhadap Pembiayaan Dengan Prinsip Bagi Hasil. Penelitian ini menggunakan sampel laporan keuangan tahunan dari 7 Bank Umum Syariah di Indonesia selama periode 2015-2019. Adapun metode penulisan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Regresi Linier Berganda dengan program SPSS.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dana pihak ketiga berpengaruh signifikan terhadap pembiayaan bagi hasil Bank Umum Syariah. Hal ini dibuktikan dari uji parsial dimana thitung > ttabel yaitu 18,171 > 2,037. Ekuitas berpengaruh signifikan terhadap pembiayaan bagi hasil Bank Umum Syariah. Hal ini dibuktikan dari uji parsial dimana thitung > ttabel yaitu 14,624 > 2,037. Sedangkan secara simultan, dana pihak ketiga dan ekuitas berpengaruh signifikan terhadap pembiayaan bagi hasil Bank Umum Syariah. Hal ini dibuktikan dari uji F yaitu Fhitung > Ftabel (160,825 > 3,28). Hasil R2 adalah 0,910 hal tersebut berarti 91% variabel pembiayaan bagi hasil Bank Umum Syariah dipengaruhi variabel DPK dan ekuitas, sedangkan 9% pembiayaan bagi hasil dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dipenelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Faruq Ahmad Futaqi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Nov 2021 07:13
Last Modified: 19 Nov 2021 07:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16499

Actions (login required)

View Item View Item