Analisis Penerapan Etika Bisnis Islam Pada Perilaku Pedagang Sembako Di Pasar Dolopo Madiun

Wulandari, Aprilia Tri (2021) Analisis Penerapan Etika Bisnis Islam Pada Perilaku Pedagang Sembako Di Pasar Dolopo Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210717009_APRILIA TRI WULANDARI_EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Wulandari, Aprilia Tri. Analisis Penerapan Etika Bisnis Islam Pada Perilaku Pedagang Sembako Di Pasar Dolopo Madiun. Skripsi. 2021. Jurusan Ekonomi Syari’ah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Unun Roudlotul Janah, M.Ag.

Kata Kunci: Pasar, Etika Bisnis Islam, Jual Beli.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perilaku pedagang sembako di Pasar Dolopo Madiun yang tidak sesuai dengan nilai-nilai etika bisnis Islam. Adanya pergeseran etika bisnis Islam pada transaksi jual beli yang dilakukan para pedagang sembako di Pasar Dolopo Madiun menimbulkan kerugian bagi pihak lain, kerugian ini terjadi karena para pedagang sembako mengabaikan etika bisnis Islam dengan melakukan tindakan kecurangan dalam transaksi jual belinya dengan mengurangi timbangan atau takaran dan mengambil keuntungan yang tidak wajar dll.

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pemahaman para pedagang sembako tentang etika bisnsi Islam dan penerapan etika bisnis Islam pada transaksi jual beli sembako di Pasar Dolopo Madiun serta dampak pemahaman pedagang sembako terhadap transaksi jual beli berdasarkan etika bisnis Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis data induktif dengan memaparkan data disandingkan dengan teori kemudian dianalisis dan ditarik kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa para pedagang sembako di Pasar Dolopo Madiun sudah sepenuhnya memahami etika bisnis Islam namun ada sebagian yang belum memahami pentingnya sifat jujur dan adil dalam melakukan transaksi jual beli karena mereka berdagang semata-mata karena hanya mencari keuntungan saja. Dalam penerapan etika bisnis Islam melalui prinsip-prinsip etika bisnis Islam para pedagang sembako di Pasar Dolopo Madiun memahami dengan baik prinsip kehendak bebas. Sedangkan prinsip kesatuan, prinsip keseimbangan, prinsip tanggung jawab belum sepenuhnya diterapkan. Adapun dampak dari ketidakpahaman para pedagang sembako tentang etika bisnis Islam dalam melakukan transaksi jual beli menimbulkan dampak negatif terhadap pembeli, karena pembeli merasa dirugikan atas tinakan para pedagang sembako yang menyimpang dari etika bisnis Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Unun Roudlotul Janah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Nov 2021 07:15
Last Modified: 19 Nov 2021 07:15
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16495

Actions (login required)

View Item View Item