Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Dalam Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di TK Wiyata Mandala 02 Sidorejo Kebonsari Madiun

Yuliati, Yuliati (2021) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Dalam Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di TK Wiyata Mandala 02 Sidorejo Kebonsari Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211117041_YULIATI_PIAUD.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Masa anak usia dini merupakan masa dimana orang tua dan guru perlu memperhatikan perkembangannya, karena pada masa ini anak berkembang sangat pesat. Maka dari itu, seluruh aspek perkembangan anak harus distimulasi agar dapat berkembang secara optimal. Termasuk perkembangan sosial emosional anak. Perkembangan sosial emosional anak merupakan perkembangan sosial dan emosi yang menyakut aspek kemampuan bersosialisasi dan mengendalikan emosi. Perkembangan sosial emosional anak di TK Wiyata Mandala 02 Sidorejo Kebonsari Madiun masih tergolong rendah, maka peneliti berinisiatif untuk melakukan penelitian tindakan kelas dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe _Team Games Tournament_ (TGT).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan perkembangan sosial emosional siswa kelompon A usia 4-5 tahun setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe _Team Games Tournament_.
Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang difokuskan pada situasi atau lazim disebut _Classroom Action Risearch_. Alat pengumpulan data terdiri dari observasi dan dokumentasi. Analisis data penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam rangkaian langkah dengan beberapa siklus, dimana dalam satu siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi.
Berdasarkan hasil penelitian data dan pembahasan pada siklus I, siklus II dan siklus III, maka dapat penulis simpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif Tipe _Team Games Tournament_ (TGT) dapat meningkatkan perkembangan sosial emosional anak pada kelompok A usia 4-5 tahun di TK Wiyata Mandala 02 Sidorejo Kebonsari Madiun. Hal ini terlihat dari adanya pada siklus I meningkat rerata 54% dengan rincian mampu menunjukkan sikap tanggung jawab 61%, mampu menunjukkan kerjasama 39%, menunjukkan sikap peduli 46% , dan mau membatu jika dimintai bantuan 73%. Pada siklus II meningkat rerata 73% dengan rincian mampu menunjukkan sikap tanggung jawab 91%, mampu menunjukkan kerjasama 64%, menunjukkan sikap peduli 54% , dan mau membatu jika dimintai bantuan 73%. Dan pada siklus III ini meningkat dengan rerata 82% , dengan rincian mampu menunjukkan sikap tanggung jawab 91%, menunjukkan kerjasama 91%, menunjukkan sikap peduli 82%, dan mau membantu jika dimintai bantuan 82%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhlison Effendi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Nov 2021 02:46
Last Modified: 19 Nov 2021 02:46
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16471

Actions (login required)

View Item View Item