Peran Kepala Keluarga dalam Meningkatkan Karakter Mandiri dan Religius di Desa Dimong Kecamatan Madiun Kabupaten Madiun

Zazuli, Farhan (2021) Peran Kepala Keluarga dalam Meningkatkan Karakter Mandiri dan Religius di Desa Dimong Kecamatan Madiun Kabupaten Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317288 FARHAN ZAZULI SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Zazuli, Farhan. 2021. Peran kepala keluarga dalam meningkatkan karakter mandiri dan religius di Desa Dimong Kecamatan Madiun Kabupaten Madiun. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Drs. Waris, M.Pd.
Kata Kunci: Peran Kepala keluarga, Karakter Mandiri, religius
Paradigma di masyarakat menilik tupoksi sosok kepala keluarga hanya memiliki keterlibatan dalam tanggung jawab memenuhi kebutuhan finansial keluarga/mencari nafkah. Perihal membangun relasi, meningkatkan karakter dan pemberian pola asuh anak di rumah itu adalah otoritas seorang ibu. dan memang tidak bisa dinafikkan dengan menjadi tulang punggung keluarga jelas waktu untuk anak tersita oleh tanggung jawab bekerja sehingga tidak jarang hubungan emosional anak dengan ayahnya yang merenggang.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui karakter mandiri dan religius anak di Desa Dimong, Kecamatan Madiun Kabupaten Madiun, (2) Mengetahui peran kepala keluarga dalam Meningkatkan karakter mandiri dan religius anak di Desa Dimong, Kecamatan Madiun Kabupaten Madiun, (3) Mengetahui dampak peran kepala keluarga dalam meningkatkan karakter mandiri dan religius anak di Desa Dimong, Kecamatan Madiun Kabupaten Madiun.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah (1) Karakter mandiri dan religius anak di Desa Dimong Kecamatan Madiun Kabupaten Madiun meliputi kemandirian emosi, kemandirian tingkah laku, nilai ibadah dan nilai akhlak. (2) Peran kepala keluarga (ayah) dalam pendidikan karakter mandiri dan religius anak di Desa Dimong Kecamatan Madiun Kabupaten Madiun yaitu memberi teladan, bimbingan dan motivasi (3) Dampak peran kepala keluarga (ayah) dalam meningkatkan karakter mandiri dan religius anak di Desa Dimong kecamatan Madiun kabupaten Madiun hal ini memberikan perubahan pada kebiasaan anak yang mana kebiasan tersebut mulai terlihat progres yang meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Waris
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Nov 2021 02:45
Last Modified: 19 Nov 2021 02:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16467

Actions (login required)

View Item View Item