Penerapan Model Kooperatif Tipe STAD Dengan Strategi Pembelajaran Everyone is a Teacher Here untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V SDN 2 Klesem pada Masa Pandemi Covid-19

Agustin, Denis (2021) Penerapan Model Kooperatif Tipe STAD Dengan Strategi Pembelajaran Everyone is a Teacher Here untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V SDN 2 Klesem pada Masa Pandemi Covid-19. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI A4 DENIS AGUSTIN 210617097 (1).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Agustin, Denis. 2021. Penerapan Model Kooperatif Tipe STAD dengan Strategi Pembelajaran Everyone is a Teacher Here untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 2 Klesem pada Masa Pandemi Covid-19. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam negeri Ponorogo. Pembimbing, M. Fathurahman, M.Pd.I..
Kata Kunci: Covid-19, IPA, Model STAD, Strategi ETH
Pembelajaran IPA atau Ilmu Pengetahuan Alam merupakan pembelajaran yang menyenangkan. Pembelajaran IPA bukan hanya tentang alam atau lingkungan sekitar, tetapi juga termasuk belajar tentang diri sendiri. Oleh karena itu, pembelajaran IPA sangatlah penting. Pada masa pandemi Covid-19 ini, pembelajaran dilakukan dalam jaringan atau online. Namun ada suatu kebijakan dimana pembelajaran dapat dilakukan secara tatap muka atau offline dengan berbagai syarat dan ketentuan yang harus dipatuhi secara ketat. Beberapa sekolah di daerah pedesaan ataupun tempat-tempat terpencil, pembelajaran tatap muka telah dilakukan secara bergilir setiap kelas meskipun hanya satu sampai dua kali pertemuan dalam seminggu. Namun, pada kesempatan pembelajaran tatap muka, kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru dinilai kurang menarik dan cenderung membosankan bagi siswa, khususnya pada pembelajaran IPA. Pembelajaran yang dilakukan menggunakan metode dan strategi yang monoton, sehingga siswa mudah bosan dan motivasi belajar siswa akan menurun. Penurunan motivasi belajar siswa ini akan berdampak pada proses dan hasil belajar siswa kedepannya. Oleh karena itu, guru perlu menggembangkan kreativitasnya dalam mengajar. Adapun cara yang dapat digunakan oleh guru adalah menggunakan metode, model, strategi, maupun media pembelajaran yang beragam dan menarik bagi siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui apakah penerapan model kooperatif tipe STAD (Student Teams Achiement Division) dengan mengunakan strategi pembelajaran Everyone is a Teacher Here dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas V dan (2) mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran model kooperatif tipe STAD (Student Teams Achiement Division) dengan mengunakan strategi pembelajaran Everyone is a Teacher Here untuk meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA siswa kelas V.
Penelitian ini mengunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus. Penelitian ini dilakukan berdasarkan metode yang dikembangkan oleh Stephen Kemmis dan Robyn McTagart. Dimana metode ini memiliki empat tahapan pada setiap siklus, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan atau observasi, dan tahap refleksi.
Hasil dari penelitian pada pembelajaran IPA menunjukkan adanya peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar. Terlihat hasil belajar pada siklus I predikat tuntas sebanyak 67% meningkat menjadi 85% pada siklus II. Begitu juga dengan motivasi belajar kategori sangat tinggi yang semula menunjukkan presentase 0% meningkat menjadi 11%, kategori tinggi yang semula 41% meningkat menjadi 70%, dan kategori sedang yang semula 59% menurun hingga 19%. Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa model kooperatif tipe STAD dengan strategi pembelajaran Everyone is a Teacher Here dapat meningkatkan motivasi belajar pada pembelajaran IPA kelas V.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Fathurahman
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Nov 2021 02:22
Last Modified: 19 Nov 2021 02:22
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16463

Actions (login required)

View Item View Item