Analisis Dampak Pengembangan Pariwisata Terhadap Tingkat Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Sekitar Srambang Park Desa Girimulyo, Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi

Silaturrofiqoh, Riska (2021) Analisis Dampak Pengembangan Pariwisata Terhadap Tingkat Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Sekitar Srambang Park Desa Girimulyo, Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210717040_Riska Silaturrofiqoh -.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Silaturrofiqoh, Riska. Analisis Dampak Pengembangan Pariwisata Terhadap Tingkat Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Sekitar Srambang Park Desa Girimulyo, Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi. Skripsi. 2021. Jurusan Ekonomi Syariah. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam. Institut Agama Islam Negri Ponorogo. Pembimbing Ika Susilowati, S.E., M.M.
Kata Kunci: Pariwisata, Pengembangan Pariwisata, Kesejahteraan Ekonomi
Sebelum tahun 2017 Srambang Park hanya wisata air terjun yang berada di tengah hutan pinus, akses jalan menuju lokasi air terjun masih berupa bebatuan, hal ini mengakibatkan jumlah pengunjung yang datang masih tergolong sepi. Dengan diresmikannya Srambang Park yang baru membuat jumlah wisatawan yang berkunjung juga semakin banyak baik yang berasal dari daerah Ngawi maupun luar daerah. Adanya pengembangan objek wisata Srambang Park secara tidak langsung memberikan peluang usaha untuk masyarakat untuk menjadi wirausaha, dan membuka peluang kerja bagi masyarakat sekitar dan juga meingkatkan pendapatan masyarakat.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan, data yang diperoleh melalui wawancara, selain itu juga menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. metode analisa pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu dengan menganalisis dampak pengembangan pariwisata terhadap kesejahteraan masyarakat sekitar Srambang Park.
Hasil penelitian ini adalah, dengan adanya pengembangan Srambang Park membuat masyarakat memiliki peluang usaha dan peluang kerja yang berakibat pada meningkatnya jumlah pendapatan yang diperoleh masyarakat, sehingga masyarakat mampu memenuhi kebutuhan hidupnya secara cukup. untuk tingkat pendidikan, pelaku usaha dapat menyekolahkan anak-anaknya kejenjang pendidikan yang lebih tinggi bahkan sampai dengan tingkat perguruan tinggi. Dan untuk kondisi kesehatan masyarakat setelah adanya pengembangan Srambang Park, kondisi kesehatan mereka menjadi lebih baik, yang disebabkan oleh tidak terikatnya jam kerja, serta tanpa adanya tekanan yang diperoleh oleh pihak lain ketika melakukan usaha.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ika Susilawati
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Nov 2021 02:19
Last Modified: 19 Nov 2021 02:19
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16462

Actions (login required)

View Item View Item