implementasi metode berkisah dalam menumbuhkan minat belajar santri di madrasah diniyah “ar-rohman” dsn. lobang, mlilir, dolopo, madiun

Hanifah, Diah Fitri (2021) implementasi metode berkisah dalam menumbuhkan minat belajar santri di madrasah diniyah “ar-rohman” dsn. lobang, mlilir, dolopo, madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_DIAH FITRI HANIFAH_210317177.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Fitri Hanifah, Diah. 2021. Implementasi Metode Berkisah Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Santri Di Madrasah Diniyah “Ar-Rohman” Dsn. Lobang, Mlilir, Dolopo, Madiun. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Bapak Muhammad Heriyudanta, M.Pd.
Kata Kunci : Implementasi, Metode Berkisah, Minat Belajar
Minat adalah ketertarikan atau terlihat sepenuhnya dengan suatu kegiatan karena menyadari pentingnya kegiatan itu. Pembelajaran yang bermutu tinggi merupakan kunci dari
pendidikan. Minat belajar santri yang kurang terutama dalam proses pembelajaran bisa mengakibatkan santri tidak memahami dan mengingat materi pelajaran yang disampaikan
oleh guru. Untuk itu perlu dicari alternatif pemecahannya agar minat santri dalam pembelajaran dapat meningkat. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah melalui penerapan metode berkisah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui implementasi metode berkisah dalam menumbuhkan minat belajar santri di Madrasah Diniyah Ar-Rohman Dsn. Lobang, Mlilir, Dolopo, Madiun, (2) menganalisis implikasi penerapan metode berkisah terhadap minat belajar santri di Madrasah Diniyah Ar-Rohman Dsn. Lobang, Mlilir, Dolopo, Madiun, (3) mengidentifikasi hambatan penerapan metode berkisah dalam menumbuhkan minat belajar santri di Madrasah Diniyah Ar-Rohman Dsn. Lobang, Mlilir, Dolopo Madiun. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif yang mana pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik keabsahan data dilakukan dengan triangulasi metode dan sumber. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis model Miles dan Hubberman dengan langkah-langkah: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Implementasi metode berkisah yang ada di Madrasah Diniyah Ar-Rohman bertujuan untuk menumbuhkan minat belajar santri. Penerapan metode berkisah ini dilaksanakan pada hari senin-kamis sesuai dengan jadwal pelajaran masing￾masing kelas. Sedangkan, pada hari jumat dilakukan setiap 2/3 minggu sekali. Metode berkisah yang disampaikan guru menggunakan dua cara yaitu berkisah secara langsung dan berkisah dengan bermain peran. Diakhir setelah guru berkisah, guru bertanya tentang isi dari kisah yang disampaikan, tokoh-tokoh dalam cerita dan keteladanan yang dapat diambil dari kisah yang disampaikan. (2) Implikasi penerapan metode berkisah terhadap minat belajar santri di Madrasah Diniyah Ar-Rohman, yakni memberikan dampak yang baik bagi santri, dimana dengan penerapan metode berkisah ini santri sangat antusias sekali karena, dengan menggunakan metode berkisah santri lebih memperhatikan apalagi cerita yang disampaikan menarik akan membuat mereka senang dan menumbuhkan minat belajar santri dalam rangka memahami hal-hal yang berhubungan dengan pembelajaran tentang Pendidikan Agama Islam dan sejarah Islam. (3) Hambatan bagi guru dalam penerapan metode berkisah dalam menumbuhkan minat belajar santri di Madrasah Diniyah Ar-Rohman adalah kurangnya kosa kata dan pemahaman isi dari kisah yang disampaikan, kurangnya pengalaman guru dalam mengajar, kurangnya kepercayaan diri yang dimiliki guru. Sedangkan hambatan bagi santri adalah kemampuan yang dimiliki setiap santri berbeda-beda, banyaknya jumlah santri yang sulit untuk diatur, kondisi lingkungan sekitar yang kurang memadai.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Heriyudanta
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Nov 2021 03:19
Last Modified: 18 Nov 2021 03:19
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16448

Actions (login required)

View Item View Item