..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)..Faktor Minat Masyarakat Kota Madiun Dalam Menggunakan Bank Syariah

Syah, Rizal Ahmad Nur Alfian (2021) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)..Faktor Minat Masyarakat Kota Madiun Dalam Menggunakan Bank Syariah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210815124_RIZAL AHMAD NUR ALFIAN SYAH_PERBANKAN SYARIAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Alfiansyah, Rizal Ahmad Nur. 2021. Faktor Minat Masyarakat Kota Madiun Dalam Menggunakan Bank Syariah. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Madiun. Pembimbing Dwi Setya Nugrahini, M.Pd.
Kata Kunci: Minat, pengetahuan, produk, lokasi, lingkungan, dan religiusitas.
Nasabah berminat menggunakan produk bank syariah dikarenakan beberapa faktor yang mempengaruhinya. Semakin baik faktor yang mempengaruhi maka semakin baik pula minat nasabah untuk juga menggunakan produk yang diminatinya, begitu pula sebaliknya. Masyarakat Kota Madiun dengan segala keterbatasannya, menyatakan beberapa alasannya yang menyebabkan rendahnya minat mereka terhadap bank syariah. Faktor yang paling dominan dalam kasus ini adalah faktor pengetahuan, produk, lokasi, pendapatan lingkungan serta religiusitas. Rumusan masalah pada kasus ini adalah Apakah faktor-faktor tersebut berdampak terhadap minat masyarakat Kota Madiun dalam menggunakan bank syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah faktor-faktor tersebut berdampak terhadap minat masyarakat Kota Madiun dalam menggunakan bank syariah.
Adapun penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan data yang didapat dari masyarakat Kota Madiun dengan menggunakan metode triangulasi sumber, dengan menggabungkan pengumpulan data dengan wawancara terstruktur. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data di lapangan model Miles and Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan langkah terakhir adalah penarikan kesimpulan. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah minat nasabah yang disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu faktor pengetahuan, produk, lokasi, pendapatan, lingkungan dan religiusitas.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor minat berdampak terhadap masyarakat Kota Madiun dalam menggunakan bank syariah kecuali faktor pendapatan. Faktor minimnya pengetahuan masyarakat Kota Madiun tentang bank syariah, produk yang ditawarkan bank syariah tidak cocok dengan kebutuhan masyarakat Kota Madiun, kurang meratanya pembangunan lokasi bank syariah yang berdiri di Kota Madiun, serta faktor lingkungan dan religiusitas masyarakat Kota Madiun yang tidak cocok dengan bank syariah menjadi faktor yang berdampak terhadap rendahnya minat masyarakat Kota Madiun dalam menggunakan bank syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dwi Setya Nugrahini
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Nov 2021 03:08
Last Modified: 18 Nov 2021 03:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16442

Actions (login required)

View Item View Item