Nilai-Nilai Patriotisme Dalam Film Animasi Walt Disney "Moana" Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air Bagi Siswa SD/MI

Hariyanti, Aulia Nur (2021) Nilai-Nilai Patriotisme Dalam Film Animasi Walt Disney "Moana" Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air Bagi Siswa SD/MI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI AULIA NUR HARIYANTI 210617189 PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Hariyanti, Aulia Nur. 2021. Nilai-nilai Patriotisme dalam Film Animasi Walt Disney “Moana” dan Relevansinya dengan Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air bagi Siswa SD/MI. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Yuentie Sova Puspidalia, M.Pd.

Kata kunci: Nilai-nilai Patriotisme, Film Animasi “Moana”, Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air.

Film animasi “Moana” adalah sebuah film yang diproduksi oleh salah satu perusahaan film terbesar di Amerika, yaitu Walt Disney Animation Studios pada tahun 2016. Film “Moana” disutradarai oleh Ron Clements dan John Musker yang sudah menghasilkan beberapa karya film terkenal lainnya. Film ini menceritakan tentang petualangan seorang gadis dari Suku Motunui bernama Moana yang ingin mengembalikan jantung Te Fiti. Film “Moana” mengandung nilai-nilai patriotisme yang baik untuk perkembangan jiwa patriotisme pada anak. Film “Moana” bisa dijadikan sarana guru dalam menanamkan pendidikan karakter cinta tanah air pada siswa SD/MI. Jiwa patriotisme bangsa Indonesia seiring waktu semakin luntur dan melemah, oleh karena itu film “Moana” bisa dimanfaatkan sebagai media pembelajaran tentang patriotisme dan karakter cinta tanah air pada siswa SD/MI. Penelitian ini merelevansikan nilai-nilai patriotisme dalam film animasi “Moana” dengan pendidikan karakter cinta tanah air untuk membentuk kepribadian dan jiwa patriotisme pada siswa SD/MI.
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan dan menjelaskan nilai-nilai patriotisme yang terdapat dalam film animasi Walt Disney “Moana” karya Ron Clements dan John Musker. (2) untuk mendeskripsikan dan menjelaskan relevansi nilai-nilai patriotisme dengan pendidikan karakter cinta tanah air bagi siswa SD/MI dalam film animasi Walt Disney “Moana” karya Ron Clements dan John Musker.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kajian pustaka (Library Research). Sumber data pada penelitian ini adalah data primer berupa film animasi “Moana” dan data sekunder berupa jurnal penelitian dan buku. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan studi dokumenter (dokumentasi). Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis isi (content analysis) dengan tahapan peng-unit-an, pengambilan sampel, perekaman, penyederhanaan data, pengambilan simpulan, dan penarasian sesuai fokus penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Nilai-nilai patriotisme dalam film animasi “Moana” adalah berjiwa ksatria, keberanian, persatuan, pantang menyerah, rela berkorban, dan kesetiaan. (2) Relevansi nilai-nilai patriotisme dalam film animasi “Moana” dengan pendidikan karakter cinta tanah air adalah ditunjukkan melalui perilaku Moana yang suka menolong (berjiwa ksatria), berani memulai petualangan dan menghadapi rintangan (keberanian), kekompakan dan saling membantu (persatuan), selalu berusaha (pantang menyerah), meninggalkan urusan pribadi dan membantu sesama (rela berkorban), dan mencintai tempat kelahiran Suku Motunui (kesetiaan). Pembentukan kepribadian yang mencintai bangsa adalah dengan cara menanamkan nilai-nilai patriotisme sejak dini. Semua nilai-nilai patriotisme adalah nilai-nilai yang baik untuk diajarkan pda siswa SD/MI. Penanaman nilai-nilai patriotisme sebagai bentuk upaya menumbuhkan karakter cinta tanah air (hubbul wathon) pada siswa SD/MI. Karakter cinta tanah air harus dimiliki calon penerus bangsa Indonesia yang akan memajukan Indonesia di masa depan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yuentie Sova Puspidalia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Nov 2021 03:06
Last Modified: 18 Nov 2021 03:06
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16439

Actions (login required)

View Item View Item