Analisis Etika Bisnis Islam Terhadap Keterlambatan Pembayaran Upah Buruh di Warung Makan Ayam Goreng Mbah Rejo Ponorogo

Fauzi, Khafidh Irfan (2021) Analisis Etika Bisnis Islam Terhadap Keterlambatan Pembayaran Upah Buruh di Warung Makan Ayam Goreng Mbah Rejo Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210716114_Khafidh Irfan Fauzi_Ekonomi Syariah.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Fauzi, Khafidh Irfan. Analisis Etika Bisnis Islam Terhadap Keterlambatan Pembayaran Upah Buruh di Warung Makan Ayam Goreng Mbah Rejo Ponorogo. Skripsi. 2021. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Dr. H. Luthfi Hadi Aminuddin, M.Ag.
Kata Kunci: Upah, Etika Bisnis Islam, Sistem Pembayaran Upah
Dalam pembayaran upah buruh di warung makan Mbah Rejo terdapat permasalahan mengenai keterlambatan pembayaran upah buruh. Dengan adanya keterlambatan pembayaran upah ini, hubungan antara pemilik dan buruh tidak berjalan dengan baik karena ada salah satu pihak yang dirugikan yaitu pihak buruh. Maka penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlambatan pembayaran upah buruh dan faktor-faktor dengan menggunakan etika bisnis Islam.
Maka, dalam penelitian ini mengambil rumusan masalah sebagai berikut: Bagaimana analisis etika bisnis Islam terhadap praktik/bentuk keterlambatan pembayaran upah kepada buruh warung makan ayam goreng Mbah Rejo? dan Bagaimana analisis etika bisnis Islam terhadap faktor terjadinya keterlambatan pembayaran upah kepada buruh warung makan ayam goreng Mbah Rejo?
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan jenis penelitian lapangan (Field Research). Penelitian dilakukan menggunakan metode wawancara kepada pemilik warung makan ayam goreng Mbah Rejo dan 4 buruh yang bekerja.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa di warung makan ayam goreng Mbah Rejo dalam praktiknya belum sesuai dengan prinsip etika bisnis Islam dalam pengupahan karena pembayaran tidak sesuai dengan kesepakatan dan etika bisnis Islam yang berkaitan tentang menyegerakan pembayaran upah. Adil yang bermakna jelas belum sesuai dengan konsep pengupahan karena ketika mengalami keterlambatan pembayaran upah, para buruh tidak diberikan informasi yang jelas penyebab keterlambatan pembayaran upah. Adil bermakna proporsional sudah sesuai karena besaran upah yang diberikan juga sudah sesuai dengan tenaga yang dikeluarkan oleh buruh. Faktor-faktor keterlambatan pembayaran upah yaitu: 1) Pendapatan menurun 2) Kenaikan bahan baku 3) Manajemen keuangan yang kurang baik. Hal ini belum keseluruhan sesuai dengan etika bisnis Islam dalam prinsip keadilan karena menimbulkan kerugian bagi para buruh. Adil yang bermakna transparan belum sesuai karena tidak memberikan penjelasan mengenai penyebab keterlambatan pembayaran upah buruh, sedangkan dalam adil yang bermakna proporsional sudah sesuai karena masih memberikan upah yang sesuai dengan tenaga yang dikeluarkan oleh buruh.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Luthfi Hadi Aminuddin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Nov 2021 03:05
Last Modified: 18 Nov 2021 03:05
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16438

Actions (login required)

View Item View Item