WhatsApp sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 4 Tegalombo Pacitan

Widayati, Isma (2021) WhatsApp sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 4 Tegalombo Pacitan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 210317436 ISMA WIDAYATI PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Widayati, Isma. 2021. WhatsApp sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 4 Tegalombo Pacitan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Ayunda Riska Puspita, M.A.
Kata kunci: WhatsApp, Pembelajaran Jarak Jauh, Kemampuan Kognitif, PAI
Kegiatan pembelajaran pasti melibatkan guru dan siswa di dalamnya. Dua komponen tersebut saling berinteraksi dan harus ada timbal balik antara keduanya agar pembelajaran bisa berjalan secara optimal. Namun, dengan adanya pandemi Covid-19 yang terjadi belakangan ini, telah memaksa berbagai elemen untuk melaksanakan berbagai kegiatan secara online. begitu juga dengan lembaga pendidikan yang harus melaksanakan kegiatan pembelajaran jarak jauh atau berbasis online dengan memanfaatkan berbagai media yang bisa mendukung terlaksananya kegiatan tersebut. Salah satu media yang sering digunakan adalah media WhatsApp. Berdasarkan hasil observasi pada pembelajaran PAI di SMP Negeri 4 Tegalombo diketahui bahwa kegiatan pembelajaran dilakukan dengan memanfaatkan WhatsApp sebagai media pembelajaran pada masa pandemi saat ini. Selain itu, juga ditemukan setiap siswa memiliki kemampuan kognitif yang berbeda-beda. Hal tersebut terjadi karena pada pembelajaran jarak jauh ini guru tidak bisa membimbing dan mengontrol siswa sebagaimana pada pembelajaran tatap muka. Sehingga siswa dituntut untuk lebih aktif dan mandiri dalam mempelajari materi yang telah diberikan maupun yang akan diberikan guru. Kemampuan kognitif siswa yang tinggi salah satunya dipengaruhi oleh latar belakang pendidikan siswa sebelumnya. Adapun kemampuan kognitif yang rendah saat pembelajaran jarak jauh disebabkan oleh beberapa hal seperti waktu pembelajaran yang singkat, kurangnya penjelasan dari guru, kuota internet terbatas dan terkendala jaringan karena wilayah tempat tinggal siswa tidak semuanya berada pada jangkauan jaringan yang bagus. Oleh karena itu, diperlukan suatu upaya untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran PAI kelas VIII di SMP Negeri 4 Tegalombo.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pemanfaatan WhatsApp sebagai media pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran PAI kelas VIII di SMP Negeri 4 Tegalombo, (2) mendeskripsikan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran PAI kelas VIII di SMP Negeri 4 Tegalombo, dan (3) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dari pemanfaatan WhatsApp pada pembelajaran PAI kelas VIII di SMP Negeri 4 Tegalombo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data kualitatif mengikuti konsep Miles dan Huberman dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Hasil penelitian ini adalah (1) pemanfaatan WhatsApp sebagai media pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran PAI kelas VIII di SMP Negeri 4 Tegalombo sudah cukup efektif. (2) upaya-upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran PAI kelas VIII di SMP Negeri 4 Tegalombo yakni dengan memilih metode pembelajaran yang tepat yaitu metode penugasan, memberikan pengetahuan dan penjelasan yang lebih kepada siswa untuk materi yang sulit, memberikan latihan soal-soal, dan mengadakan evaluasi pembelajaran. (3) faktor-faktor pendukung dari pemanfaatan WhatsApp pada pembelajaran PAI kelas VIII di SMP Negeri 4 Tegalombo antara lain: kebijakan sekolah, kemauan siswa yang tinggi, dan kerjasama dari berbagai pihak. Adapun faktor-faktor penghambatnya antara lain: jaringan internet yang kurang stabil, fasilitas yang kurang memadai, siswa kurang memahami materi ajar yang diberikan dan guru tidak bisa melihat keseriusan siswa dalam mengikuti pembelajaran jarak jauh.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ayunda Riska Puspita
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Nov 2021 02:59
Last Modified: 18 Nov 2021 02:59
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16431

Actions (login required)

View Item View Item