upaya guru dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa masa covid-19 pada pelajaran ips di smpn 1 jenangan ponorogo

Rusiah, Rusiah (2021) upaya guru dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa masa covid-19 pada pelajaran ips di smpn 1 jenangan ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 211417053_RUSIAH_Ethesis.pdf

Download (870kB) | Preview

Abstract

Kata Kunci:Upaya Guru, Keaktifan siswa
Upaya guru dalam mengupayakan pembelajaran online merupakan kegiatan pembelajaran yang harus dilakukan oleh guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan efisien. Namun pandemi covid-19 yang dialami diberbagai negara termasuk di Indonesia menyebabkan sektor pendidikan terpengaruh dalam pembelajaran.
Rumusan masalah dalam penelitian ini membahas tiga masalah, yang pertama yaitu upaya guru dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa masa covid-19 pada pelajaran IPS di SMPN 1 Jenangan Ponorogo. Kemudian yang kedua tentang kendala yang dihadapi upaya guru dan yang ketiga yaitu solusi atas kendala upaya guru dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa. Tujuan dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui dan mampu menganalisis upaya guru dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa dimasa covid-19 pada pelajaran IPS di SMPN 1 Jenangan Ponorogo. Untuk mengetahui dan mendeskripsikan kendala dan solusi yangdihadapi upaya guru dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa dan untuk mengetahui dan mendeskripsikan solusi atas kendala upaya guru dimasa covid-19 dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa. Sesuai dengan judul penelitian.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif yang mana data yang dikumpulkan itu berupa kata-kata, gambar dan bukan angka-angka seperti halnya penelitian kuantitatif. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis induktif dan jenis penelitiannya adalah jenis studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman dengan menggunakan langkah-langkah mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru terdapat 3 upaya guru pertama, KKG (Kelompok kerja guru),Metode yang bervariatif dan memberikan motivasi.Sedangkan kendala upaya guru dalam menigkatkan keaktifan belajar sisiwa dimasa covid-19 yaitu tidak bisa melihat secara lagsung keaktifan siswa dalam pembelajaran.Solusi atas kendala yaitu: menggunakan metode pembelajaran dengan tepat, memberikan motivasi belajar kepada siswa dan melakukan diagnose kesulitan belajar siswa. Jadi dari upaya guru yang digunakan guru dimasa pandemi hanya 4 siswa yang aktif di masa pandemi pada pelajaran IPS di SMPN 1 Jenangan Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Syafiq Humaisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Nov 2021 02:58
Last Modified: 18 Nov 2021 02:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16430

Actions (login required)

View Item View Item