..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Pengawasan Stabilitas Harga Kebutuhan Pokok Masyarakat oleh Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Ponorogo dalam Perspektif Ekonomi Islam

Sela, Oly Fia (2021) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Pengawasan Stabilitas Harga Kebutuhan Pokok Masyarakat oleh Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Ponorogo dalam Perspektif Ekonomi Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210717224_OLYFIASELA_EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Oly, Fia Sela. Pengawasan Stabilitas Harga Kebutuhan Pokok Masyarakat Oleh Dinas Perdagangan Koperasi Dan Usaha Mikro Kabupaten Ponorogo Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Skripsi. 2021. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing: Muchtim Humaidi, IRKH. Kata Kunci: Pengawasan, Pemerintah Daerah, Al-Hisbah
Dalam Ekonomi Islam Al-Hisbah adalah lembaga yang bertugas mengawasi pasar serta tingkah laku masyarakat, memastikan bahwa rakyat melakukan perintah dan menjauhi larangan yang berkaitan dengan takaran, timbangan dan penetapan harga yang benar dan mengawasi jalannya jual beli untuk menghilangkan kecurangan dan sejenisnya. Pemerintah Daerah Kabupaten Ponorogo cukup maksimal dalam mengawasi kegiatan perdagangan di pasar melakukan intervensi kebijakan untuk mengatur segala masalah yang ada di pasar seperti pada Bulan Ramadhan dan hari-hari besar lainnya, masyarakat banyak yang mengeluh karena harga melambung tinggi, masih banyak pedagang yang tidak mau mengikuti harga sesuai harga standart yang ditentukan oleh Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Ponorogo (Dinas Perdagkum) bahkan ada unsur kecurangan. Maka dalam kajian ini, penulis mengambil rumusan masalah pengawasan Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Ponorogo untuk menjaga stabilitas harga dalam perspektif Ekonomi islam dan dampak dari pengawasan stabilitas harga kebutuhan pokok masyarakat.
Jenis penelitian yang dilakukan peneliti menggunakan metode kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan menggunakan metode induktif yaitu metode yang menekankan pengamatan dahulu, lalu menarik kesimpulan berdasarkan pengamatan tersebut.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pertama Dinas Perdagkum melakukan pengawasan di pasar melalui kebijakan operasi pasar, dengan setiap harinya melakukan pengecekan harga ke pedagang dan melakukan pembinaan. Namun masih ada pedagang yang tidak mematuhi aturan yang ditetapkan oleh Dinas Perdagkum. Seperti, menaikkan harga melebihi batas yang ditentukan Dinas Perdagkum. Pengawasan yang dilakukan Dinas Perdagkum sejalan dengan tugas dan wewenang Al Hisbah. Kedua dampak yang muncul bernilai manfaat bagi masyarakat luas. Komoditi yang awalnya tidak stabil setelah dilakukan pengawasan oleh pemerintah menjadi stabil dan tidak melambung tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: MUCHTIM HUMAIDI
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Nov 2021 02:29
Last Modified: 17 Nov 2021 02:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16421

Actions (login required)

View Item View Item