Analisis Tingkat Pemahaman Pedagang Muslim Pasar Parang Tentang Riba Perbankan

Ramadhani, Aulya (2021) Analisis Tingkat Pemahaman Pedagang Muslim Pasar Parang Tentang Riba Perbankan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210717176_Aulya Ramadhani_Ekonomi Syariah.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Ramadhani, Aulya. Analisis tingkat pemahaman pedagang muslim pasar parang tentang riba perbankan. Skripsi. 2021. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Aagama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Dr. Iza Hanifudin, P.Hd.
Kata kunci: Tingkat Pemahaman, Pedagang Muslim, Riba Perbankan.
Pemahaman adalah kesanggupan untuk mendefenisikan, merumuskan kata yang sulit dengan perkataan sendiri. Dapat pula merupakan kesanggupan untuk menafsirkan suatu teori atau melihat konsekuensi atau implikasi, meramalkan kemungkinan atau akibat sesuatu.
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat pemahaman pedagang muslim pasar parang tentang riba perbankan, apa saja yang melatarbelakangi tingkat pemahaman tersebut serta dampak dari tingkat pemahaman tentang riba perbankan terhadap pemilihan jenis bank. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan metode pengambilan data melalui wawancara, observasi dan angket terhadap responden. Data diperoleh dengan sumber primer dan sekunder dari pedagang pasar parang. Teori yang digunakan adalah teori pemahaman dari taksonomi bloom.
Berdasarkan analisa data yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa tingkat pemahaman pedagang pasar parang berada dalam tingkat yang rendah, bahkan mayoritas dari pedagang tidak mengenal istilah riba perbankan. latar belakang nya adalah karena belum ada materi yang mengajarkan tentang riba perbankan, faktor keluarga dan faktor guru agama atau kyai. Sedangkan dampak tingkat pemahaman terhadap pemilihan bank syariah adalah belum memberikan dampak yang signifikan karena masih rendahnya tingkat pemahaman serta kurang terjangkaunya bank syariah yang ada di wilayah Kecamatan Parang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Iza Hanifuddin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Nov 2021 02:27
Last Modified: 17 Nov 2021 02:27
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16416

Actions (login required)

View Item View Item