..(UPLAD ULANG FORMAT PDF)...Pengaruh Religiusitas dan Pengetahuan Etika Bisnis Islam Terhadap Perilaku Pedagang di Pasar Sayur Plaosan

DAMAYANTI, DHELLY (2021) ..(UPLAD ULANG FORMAT PDF)...Pengaruh Religiusitas dan Pengetahuan Etika Bisnis Islam Terhadap Perilaku Pedagang di Pasar Sayur Plaosan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
210717067 DHELLY DAMAYANTI EKONOMI SYARIAH.doc

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Damayanti, Dhelly. 2021. Pengaruh Religiusitas dan Pengetahuan Etika Bisnis Islam Terhadap Perilaku Pedagang di Pasar Sayur Plaosan. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Dr. Aji Damanuri, M.E.I.
Kata kunci: Religiusitas, Pengetahuan Etika Bisnis Islam, Perilaku Pedagang
Pasar Sayur Plaosan merupakan salah satu pasar yang berada di Kabupaten Magetan. Sebagaian besar pedagang yang berjualan di pasar ini menganut agama Islam. Yang didasarkan pada Al-Qur’an dan sunnah Rasul. Di dalamnya terdapat aturan mengenai tata cara bisnis dan beretika. Dalam melakukan aktivitas bisnis, seorang muslim hendaknya perlu dilandasi oleh perilaku etis yang sesuai dengan ajaran Islam. Namun di Pasar Sayur Plaosan ini masih terdapat pedagang yang berperilaku tidak etis dalam menjalankan aktivitas bisnisnya. Diantara faktor yang mempengaruhi etis seseorang adalah faktor individu yang menunjukkan religiusitas seseorang. Faktor lainnya adalah interpretasi terhadap hukum, yang mana pengetahuan tentang etika bisnis Islam berdasarkan Al-Qur’an dan sunnah Rasul. Oleh sebab itu, peneliti ingin mengetahui apakah terdapat pengaruh antara religiusitas dan pengetahuan etika bisnis Islam terhadap perilaku pedagang.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 222 pedagang di Pasar Sayur Plaosan. Sampel yang diambil sebanyak 70 pedagang dengan menggunakan teknik simple random sampling. Variabel independen dalam penelitian ini yakni religiusitas dan pengetahuan etika bisnis Islam. Sedangkan variabel dependennya yaitu perilaku pedagang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada responden, kemudian data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda dan uji hipotesis.
Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa secara parsial religiusitas berpengaruh signifikan terhadap perilaku pedagang dengan nilai thitung sebesar 2,026 dan signifikansi 0,047. Sedangkan pengetahuan etika bisnis Islam secara parsial juga berpengaruh terhadap perilaku pedagang dengan nilai thitung sebesar 3,487 dan signifikansi 0,001. Sementara secara simultan religiusitas dan pengetahuan etika bisnis Islam berpengaruh terhadap perilaku pedagang. Dibuktikan dengan nilai Fhitung sebesar 14,765 dengan signifikansi 0,000. Serta koefisien determinasi menunjukkan bahwa nilai Rsquare yang diperoleh sebesar 0,306 atau 30,6%, artinya religiusitas dan pengetahuan etika bisnis Islam berpengaruh terhadap perilaku pedagang sebesar 30,6%, sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: AJI DAMANURI
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Nov 2021 01:55
Last Modified: 16 Nov 2021 01:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16411

Actions (login required)

View Item View Item