Pengaruh Metode Sorogan Berbasis Videocall Terhadap Hafalan Al-Qur'an Juz Amma Anak-Anak Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) Al-Hikmah Di Desa Pasir Makmur Kecamatan Rambah Samo Kabupaten Rokan Hulu

Safitri, Nurdiah Febi (2021) Pengaruh Metode Sorogan Berbasis Videocall Terhadap Hafalan Al-Qur'an Juz Amma Anak-Anak Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) Al-Hikmah Di Desa Pasir Makmur Kecamatan Rambah Samo Kabupaten Rokan Hulu. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210317360_NURDIAH FEBI SAFITRI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Al-Qur’an adalah kalam Allah dan mengagungkan Al-Qur’an tidak cukup membaca dengan suara indah dan fasih, namun juga perlu usaha upaya konkret dalam memeliharanya, diantaranya dengan menghafalkannya. Salah satu metode menghafal Al-Qur’an adalah metode sorogan, yang diterapkan di TPA Al-Hikmah di desa Pasir Makmur, kecamatan Rambah Samo, kabupaten Rokan Hulu. TPA ini memiliki target hafalan yaitu menghafalkan juz 30 (juz amma) dan disetorkan kepada guru atai kyai. Adanya penerapan sistem maju satu persatu memiliki beberapa kendala sehingga TPA Al-Hikmah berinisiatif menggunakan videocall.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hafalan Al-Qur’an juz amma anak-anak di TPA Al-Hikmah. Selain itu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode sorogan berbasis videocall terhadap hafalan Al-Qur’an juz amma anak-anak TPA Al-Hikmah di desa Pasir Makmur kecamatan Rambah Samo kabupaten Rokan Hulu.
Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenisnya expost facto dengan pengumpulan data diperolh dari hasil observasi, angket dan dokumentasi yang telah dilakukan di TPA Al-hikmah. Analisis data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini regrsi linier sederhana, untuk mengetahui hasil data menggunakan program SPSS versi 21.0 for windows.
Hasil data yang telah diperoleh dalam penelitian didapatkan rata-rata hitung (mean) sebesar 65,32 pada standart deviasi sebesar 5,749, sedangkan skor terendah 55 dan skor tertinggi 78. Dengan demikian secara umum dapat dikatakan hafalan Al-Qur’an juz amma anak-anak di TPA Al-Hikmah dalam kategori sedang. Hasil olah data penelitian koefisien menunjukkaan bahwa koefisin determinasi (R Square) sebesar 0.316 = 31,6 % artinya metode sorogan berbasis videocall (X) berpengaruh signifikan sebesar 31.6 % terhadap hafalan Al-Qur’an (Y) juz amma anak-anak Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Hikmah di desa Pasir Makmur kecamatan Rambah Samo kabupaten Rokan Hulu, sedangkan 68.4 % sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Hafalan, Juz Amma, Sorogan, Videocall

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Syaiful Arif
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Nov 2021 01:53
Last Modified: 16 Nov 2021 01:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16410

Actions (login required)

View Item View Item