Persepsi Konsumen Muslim dalam Keputusan Pembelian Produk Kosmetik di Septika Olshop Ponorogo

Istiqomah, Amalia Luthfi (2021) Persepsi Konsumen Muslim dalam Keputusan Pembelian Produk Kosmetik di Septika Olshop Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210716077_Amalia Luthfi Istiqomah_Ekonomi Syariah.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Istiqomah, Amalia Luthfi. Persepsi Konsumen Muslim dalam Keputusan Pembelian Produk Kosmetik di Septika Olshop Ponorogo. Skripsi. 2021. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Iza Hanifuddin, Ph.D.

Kata Kunci: Keputusan pembelian, kosmetik, pengetahuan, motivasi

Keputusan membeli pada tempat tertentu dan memilih menggunakan produk tertentu akan diawali oleh pengenalan kebutuhan, pencarian informasi dan evaluasi alternatif. Pengenalan kebutuhan menyebabkan adanya dorongan pada diri konsumen untuk melakukan tindakan memenuhi kebutuhan tersebut. Pencarian informasi dilakukan ketika konsumen memandang bahwa kebutuhan itu bisa dipenuhi dengan membeli atau menggunakan suatu produk. Pada proses evaluasi alternatif, konsumen membandingkan berbagai pilihan, kemudian memilih sesuai dengan yang diinginkan konsumen.
Potensi peluang pasar industri kosmetik yang cukup besar, banyak dimanfaatkan oleh para pelaku usaha untuk memperdagangkan kosmetik. Saat ini tersedia berbagai macam kosmetik yang dijual dipasaran. Sebagai konsumen, hendaknya mempunyai pengetahuan yang cukup sebelum membeli dan menggunakan kosmetik. Sebagai konsumen muslim harus lebih memperhatikan kehalalan produk agar terhindar dari bahan yang berbahaya dan haram sehingga tidak menimbulkan kemudharatan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisispengetahuan konsumen muslim terhadap produk kosmetik di Septika Olshop Ponorogo, Motivasi konsumen muslim dalam keputusan pembelian kosmetik di Septika Olshop Ponorogo dan Implikasi pengetahuan dan motivasi konsumen muslim terhadap fluktuasi penjualan produk kosmetik di Septika Olshop Ponorogo.Adapun skripsi Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan metode analisis data induktif, yaitu masalah yang bersifat khusus, kemudian ditarik kesimpulan yang bersifat umum.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa keputusan pembelian konsumen muslim dipengaruhi oleh pengetahuan produk, pengetahuan pembelian dan pengetahuan pemakaian. Motivasi konsumen dalam keputusan pembelian di Septika Olshop, yaitu karena kebutuhan dengan mempertimbangkan harga dan kualitas produk. Padahal selain hal tersebut, kehalalan produk harusnya menjadi hal utama yang harus dipertimbangkan sebagai konsumen muslim.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Iza Hanifuddin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Nov 2021 01:48
Last Modified: 16 Nov 2021 01:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16404

Actions (login required)

View Item View Item