Upaya Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa dalam Kegiatan Keagamaan dan Menumbuhkan Minat Belajar PAI di SMKN 1 Jenangan Ponorogo

Nurziahman, Masnita (2021) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa dalam Kegiatan Keagamaan dan Menumbuhkan Minat Belajar PAI di SMKN 1 Jenangan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317115_MASNITA_NURZIAHMAN_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Agama Islam di sekolah umum yaitu sekolah menengah
kejuruan seperti SMK biasanya kurang mendalami pembelajaran Pendidikan
Agama Islam. Bahkan yang dipelajari hanya sekedar pengetahuan umum. Padahal
Pendidikan Agama Islam adalah pendidikan yang mengarahkan peserta didik
untuk mengenal, memahami, mengimani, bertakwa, serta mengamalkan ajaran
Islamyang bersumber dari al-Qur’an dan Hadis.Lain halnya di sekolah SMKN 1
Jenangan Ponorogo, meskipun sekolah teknik dan kejuruan disana sangat aktif
dalam melakukan kegiatan keagamaan. Akan tetapi dalam hal mata pembelajaran
untuk Pendidikan Agama Islam itu sendiri kurang diminati oleh siswa
dikarenakan siswa bosan dan sering kali mengantuk pada saat pembelajarana
berlangsung.Oleh karena itu perlu adanya Upaya Guru Pendidikan Agama Islam
(PAI) dalam Meningkatkan Partisipasi dalam Kegiatan Keagamaan dan
Menumbuhkan Minat Belajar Siswa di SMKN 1 Jenangan Ponorogo.
Adapun penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui strategi guru
PAIdalam meningkatkan partisipasi siswa dalam kegiatan keagamaan di SMKN 1
Jenangan Ponorogo, (2) Untuk mengetahui strategi guru PAI dalam
menumbuhkan minat belajar PAI siswa di SMKN 1 Jenangan Ponorogo, (3)
Untuk mengetahui dampak dari upaya yang dilakukan guru PAI terhadap
partisipasi dalam kegiatan keagamaan dan menumbuhkan minat belajar PAI siswa
di SMKN 1 Jenangan Ponorogo.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisa data menggunakan Miles dan
Hubermant yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Adapun hasilnya yaitu: (1) Strategi guru PAI dalam meningkatkan
partisipasi siswa dalam kegiatan keagamaan di SMKN 1 Jenangan Ponorogo
dengan keteladanan, metode pembiasaan, dan memberikan motivasi. (2) Strategi
guru PAIdalam menumbuhkan minat belajar PAI siswa di SMKN 1 Jenangan
Ponorogo yaitu guru harus menguasai materi, pengelolaan kelas, metode
bervariasi, metode penugasan, memberikan motivasi, dan media pembelajaran. (3)
dampak upaya guru PAI terhadap partisipasi siswa dalam kegiatan keagamaan dan
menumbuhkan minat belajar PAI siswa di SMKN 1 Jenangan Ponorogo.cukup
memberikan dampak yang positif yaitu siswa sopandalam bertutur kata, giat
beribadah tanpa disuruh, semangat dalam mengikuti pembelajaran PAI, luas
dalam ilmu pengetahuannya, paham akan materi yang disampaikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Waris
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Nov 2021 01:44
Last Modified: 16 Nov 2021 01:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16402

Actions (login required)

View Item View Item