PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN WHATSAPP GROUP MASA PANDEMI COVID-19 PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS X DI MA AL-ICHSAN PARANG MAGETAN

Zulaikah, Dewi (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN WHATSAPP GROUP MASA PANDEMI COVID-19 PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS X DI MA AL-ICHSAN PARANG MAGETAN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210317093, DEWI ZULAIKAH 1 (2).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Zulaikah, Dewi. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Whatsapp Group Masa Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas X Di MA Al-Ichsan Parang Magetan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing Arif Rahman Hakim, M.Pd.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Flipped Classroom, Whatsapp Group, Fiqih.

Model pembelajaran Flipped Classroom merupakan model pembelajaran yang diterapkan di MA Al-Ichsan Parang Magetan. Melihat kondisi pandemi yang semakin memprihatinkan dan melihat pentingnya pelaksanaan kegiatan pembelajaran, proses pembelajaran harus tetap dilaksanakan. Model pembelajaran ini diterapkan guna mengatasi kendala-kendala pembelajaran online yang ada di Sekolahan, agar pembelajaran dapat berjalan dengan menarik dan mudah dipahami oleh peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan strategi pelaksanaan model pembelajaran Flipped Classroom berbantu whatsapp group masa pandemi covid-19 di MA Al-Ihcsan Parang Magetan, (2) Mendeskripsikan dampak penerapan model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan whatsapp group masa pandemi covid-19 di MA Al-Ihcsan Parang Magetan (3) mendeskripsikan kendala penerapan model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan whatsapp group masa pandemi covid-19 di MA Al-Ihcsan Parang Magetan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan konsep Miles dan Huberman dengan langkah-langkah meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Berdasarkan pembahasan dan temuan penelitian bahwa kesimpulan dari penelitian ini yaitu (1) Pelaksanaan model pembelajaran Flipped Classroom dibagi menjadi dua, pembelajaran di luar kelas dan di dalam kelas.(2) Dampak penerapan model pembelajaran Flipped Classroom yang dirasakan guru yaitu guru lebih mahir dalam berteknologi, dan guru juga menjadi lebih kreatif dalam menyajikan materi yang akan dipelajari peserta didik, adapun dampak yang dirasakan peserta didik yaitu peserta didik lebih menjadi pribadi yang disiplin dan bertanggung jawab atas pelajarannya sendiri, peserta didik juga lebih aktif dalam berdiskusi di kelas ini akan menimbulkan semangat belajar bagi peserta didik(3) Adapun kendala-kendala penerapan model pembelajaran Flipped Classroom yaitu fasilitas, sarana dan prasarana yang dirasa kurang memadai. Adapun kendala yang dirasakan oleh peserta didik yaitu terkadang siswa kurang dalam memahami materi pelajaran yang telah diberikan oleh guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Rahman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Nov 2021 01:43
Last Modified: 16 Nov 2021 01:43
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16399

Actions (login required)

View Item View Item