Kerjasama Guru Dan Wali Murid Dalam Menanamkan Nilai Karakter Siswa Melalui Pembelajaran PPKn Pada Siswa Kelas V Di MI PENI Bukur Kecamatan Bukur Kabupaten Madiun

Putri, Luzsyana Vin Febrianty (2021) Kerjasama Guru Dan Wali Murid Dalam Menanamkan Nilai Karakter Siswa Melalui Pembelajaran PPKn Pada Siswa Kelas V Di MI PENI Bukur Kecamatan Bukur Kabupaten Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Putri, Luzsyana Vin Febrianty Putri.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Putri, Luzsyana Vin Febrianty. 2021. Kerjasama Guru Dan Wali Murid Dalam Menanamkan Nilai Karakter Siswa Melalui Pembelajaran PPKn Pada Siswa Kelas V Di MI PENI Bukur Kecamatan Bukur Kabupaten Madiun. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Dosen Pembimbing M. Fathurahman, M.Pd.I

Kata Kunci: Kerjasama, Nilai Karakter, Pembelajaran PPKn
Kerjasama adalah suatu usaha dilakukan bersama-sama antara satu orang atau lebih untuk mencapai hasil yang telah disepakati. Di masa pandemi ini dibutuhkan pelaksanaan kerjasama guru dan wali murid dalam menanamkan nilai karakter melalui pembelajaran PPKn. Melalui pembelajaran PPKn nilai-nilai karakter dan moral yang baik dan bukan hanya pengetahuan saja yang diajarkan tetapi siswa juga dapat menerapkan dan mempraktikkan dalam kehidupan sehari-hari agar siswa memiliki karakter yang baik. Akibat masa pandemi saat ini, adanya pelaksanaan kerjasama guru dan wali murid sangat penting agar dapat memantau dan membina siswa dalam menanamkan nilai karakter pada siswa kelas V di MI PENI Bukur Kecamatan Bukur Kabupaten Madiun.
Penelitian ini bertujuan (1) untuk menjelaskan pelaksanaan kerjasama guru dan wali murid dalam menanamkan nilai karakter siswa melalui pembelajaran PPKn pada siswa kelas V di MI PENI Bukur Kecamatan Bukur Kabupaten Madiun. (2) untuk mengetahui hasil pelaksanaan kerjasama guru dan wali murid dalam menanamkan nilai karakter siswa melalui pembelajaran PPKn pada siswa kelas V di MI PENI Bukur Kecamatan Bukur Kabupaten Madiun. (3) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan kerjasama guru dan wali murid dalam menanamkan nilai karakter siswa melalui pembelajaran PPKn pada siswa kelas V di MI PENI Bukur Kecamatan Bukur Kabupaten Madiun.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, yaitu hasil penelitian berdasarkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau perilaku orang-orang yang diamati dengan. Metode pengumpulan data ini menggunakan metode wawancara, observasi dan kesimpulan. Teknik analisis data dilakukan dengan mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan kerjasama guru dan wali murid dalam menanamkan nilai karakter siswa melalui pembelajaran PPKn pada siswa kelas V di MI PENI Bukur Kecamatan Bukur Kabupaten Madiun dilaksanakan secara daring (online) dengan membentuk Whatsapp Group kelas adanya pandemi ini belajar sering dilakukan dirumah. Guru memberikan tugas kepada siswa melalui WhatsApp Group kelas, kemudian difoto lalu dikirim ke WhatsApp Group kelas agar mudah menjalin komunikasi yang baik antara guru dan wali murid dalam membimbing nilai karakter siswa. (2) hasil pelaksanaan kerjasama guru dan wali murid dalam menanamkan nilai karakter siswa melalui pembelajaran PPKn siswa memiliki nilai karakter jujur, disiplin, dan tanggung jawab yang diterapkan dan dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari sehingga berjalan dengan efisien. (3) faktor pendukung kerjasama guru dan wali murid dalam menanamkan nilai karakter melalui pembelajaran PPKn yaitu berasal dari faktor sarana dan prasarana, tenaga pendidik, dan wali murid. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu perbedaan tingkat intelegensi siswa, dan ada beberapa wali murid yang gagap dalam menggunakan teknologi seperti Whatsapp dan media online lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Fathurahman
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Nov 2021 01:52
Last Modified: 15 Nov 2021 01:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16394

Actions (login required)

View Item View Item