(Lembar persetujuan di foto saja dari hard copy nya) JANGAN SCAN..tolong di upload ulang..IMPLEMENTASI METODE BERKISAH DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR SANTRI DI MADRASAH DINIYAH “AR-ROHMAN” Dsn. LOBANG, MLILIR, DOLOPO, MADIUN

Hanifah, Diah Fitri (2021) (Lembar persetujuan di foto saja dari hard copy nya) JANGAN SCAN..tolong di upload ulang..IMPLEMENTASI METODE BERKISAH DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR SANTRI DI MADRASAH DINIYAH “AR-ROHMAN” Dsn. LOBANG, MLILIR, DOLOPO, MADIUN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_DIAH FITRI HANIFAH_210317177.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Fitri Hanifah, Diah. 2021. Implementasi Metode Berkisah Dalam Menumbuhkan Minat Belajar
Santri Di Madrasah Diniyah “Ar-Rohman” Dsn. Lobang, Mlilir, Dolopo, Madiun.
Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Bapak Muhammad Heriyudanta, M.Pd.
Kata Kunci : Implementasi, Metode Berkisah, Minat Belajar
Minat adalah ketertarikan atau terlihat sepenuhnya dengan suatu kegiatan karena
menyadari pentingnya kegiatan itu. Pembelajaran yang bermutu tinggi merupakan kunci dari
pendidikan. Minat belajar santri yang kurang terutama dalam proses pembelajaran bisa
mengakibatkan santri tidak memahami dan mengingat materi pelajaran yang disampaikan oleh
guru. Untuk itu perlu dicari alternatif pemecahannya agar minat santri dalam pembelajaran dapat
meningkat. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah melalui penerapan metode berkisah.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui implementasi metode berkisah dalam
menumbuhkan minat belajar santri di Madrasah Diniyah Ar-Rohman Dsn. Lobang, Mlilir,
Dolopo, Madiun, (2) menganalisis implikasi penerapan metode berkisah terhadap minat belajar
santri di Madrasah Diniyah Ar-Rohman Dsn. Lobang, Mlilir, Dolopo, Madiun, (3)
mengidentifikasi hambatan penerapan metode berkisah dalam menumbuhkan minat belajar santri
di Madrasah Diniyah Ar-Rohman Dsn. Lobang, Mlilir, Dolopo Madiun.
Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif yang mana pengumpulan data dilakukan
dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik keabsahan data dilakukan dengan
triangulasi metode dan sumber. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis model
Miles dan Hubberman dengan langkah-langkah: reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Implementasi metode berkisah yang ada di
Madrasah Diniyah Ar-Rohman bertujuan untuk menumbuhkan minat belajar santri. Penerapan
metode berkisah ini dilaksanakan pada hari senin-kamis sesuai dengan jadwal pelajaran masing￾masing kelas. Sedangkan, pada hari jumat dilakukan setiap 2/3 minggu sekali. Metode berkisah
yang disampaikan guru menggunakan dua cara yaitu berkisah secara langsung dan berkisah
dengan bermain peran. Diakhir setelah guru berkisah, guru bertanya tentang isi dari kisah yang
disampaikan, tokoh-tokoh dalam cerita dan keteladanan yang dapat diambil dari kisah yang
disampaikan. (2) Implikasi penerapan metode berkisah terhadap minat belajar santri di Madrasah
Diniyah Ar-Rohman, yakni memberikan dampak yang baik bagi santri, dimana dengan
penerapan metode berkisah ini santri sangat antusias sekali karena, dengan menggunakan metode
berkisah santri lebih memperhatikan apalagi cerita yang disampaikan menarik akan membuat
mereka senang dan menumbuhkan minat belajar santri dalam rangka memahami hal-hal yang
berhubungan dengan pembelajaran tentang Pendidikan Agama Islam dan sejarah Islam. (3)
Hambatan bagi guru dalam penerapan metode berkisah dalam menumbuhkan minat belajar santri
di Madrasah Diniyah Ar-Rohman adalah kurangnya kosa kata dan pemahaman isi dari kisah
yang disampaikan, kurangnya pengalaman guru dalam mengajar, kurangnya kepercayaan diri
yang dimiliki guru. Sedangkan hambatan bagi santri adalah kemampuan yang dimiliki setiap
santri berbeda-beda, banyaknya jumlah santri yang sulit untuk diatur, kondisi lingkungan sekitar
yang kurang memadai.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Heriyudanta
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Nov 2021 04:38
Last Modified: 15 Nov 2021 04:38
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16384

Actions (login required)

View Item View Item