POLA ASUH ORANG TUA TUNGGAL DALAM MEMBENTUK KECERDASAN INTELEKTUAL ANAK(Studi Kasus pada Keluarga TKI/TKW di Desa Trisono, KecamatanBabadan, Kabupaten Ponorogo)

Masfiroh, Masfiroh (2021) POLA ASUH ORANG TUA TUNGGAL DALAM MEMBENTUK KECERDASAN INTELEKTUAL ANAK(Studi Kasus pada Keluarga TKI/TKW di Desa Trisono, KecamatanBabadan, Kabupaten Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MASFIROH 210317193 PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Masfiroh. 2021. Pola Asuh Orang Tua Tunggal Dalam Membentuk Kecerdasan Intelektual Anak (Studi Kasus pada Keluarga TKI/TKW di Desa Trisono, Kecamatan Babadan, Kabupaten Ponorogo).Skripsi.Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Siti Rohmaturrosyidah Ratnawati, M.Pd.I.
Kata kunci : Pola Asuh, Orang Tua Tunggal, Kecerdasan Intelektual
Kecerdasan merupakan sebuah proses untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi manusia dan melibatkan aktivitas otak.Tidak jarang kecerdasan dijadikan tolak ukur kepintaran seseorang.Kecerdasan terbagi menjadi berbagai macam salah satunya yakni kecerdasan intelektual.Dalam hal ini orang tua berperan dalam membantu anak membentuk kecerdasannya dengan memberikan pengasuhan yang sesuai.Namun karena suatu hal tertentu, sebagian orang tua membesarkan anaknya seorang diri atau biasa disebut dengan orang tua tunggal.Seperti orang tua yang ada di Desa Trisono, banyak orang tua yang ada di desa ini memilih untuk menjadi orang tua tunggal karena salah satu pasangannya merantau atau pergi jauh dari rumah untuk menyukupi kebutuhan keluarga.Dari pola pengasuhan ini timbulah problematika antar orang tua tunggal yang berbeda dalam mendidik anak.
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam pembahasan skripsi ini adalah: (1) Mengidentifikasi model pola asuh orang tua tunggal pada keluarga TKI/TKW di Desa Trisono, Kecamatan Babadan, Kabupaten Ponorogo, (2) Mendeskripsikan dampak pola asuh orang tua tunggal dalam membentuk kecerdasan intelektual anak pada keluarga TKI/TKW di Desa Trisono, Kecamatan Babadan, Kabupaten Ponorogo, (3) Menganalisis faktor pendukung dan penghambat pola asuh orang tua tunggal dalam membentuk kecerdasan intelektual anak di keluarga TKI/TKW Desa Trisono, Kecamatan Babadan, Kabupaten Ponorogo.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif.Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi.Teknik keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, pengamatan yang tekun dan triangulasi. Teknik analisis data menggunakan analisis model Miles dan Huberman dengan langkah-langkah: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan kesimpulan bahwa: (1) Pola asuh yang diterapkan oleh orang tua tunggal yang ada di Desa Trisono adalah pola asuh otoriter, pola asuh demokratis dan pola asuh situasional. (2) Dampak dari pola asuh yang diberikan bapak Pm dan bapak Sn adalah anaknya dapat dikatakan mulai membaik dan berkembang secara perlahan. Anak bapak Rd juga menunjukkan beberapa perkembangan baik dalam hal intelektualnya maupun sosialnya.Sedangkan anak ibu Sy didapati bahwa anaknya kurang mengalami perubahan seperti dalam bersosialisasi, interaksi maupun komunikasi sangat kurang bahkan cenderung pasif.Pola asuh yang diterapkan oleh orang tua kepada anak menimbukan efek atau dampak yang berbeda bagi anak. (3) Faktor pendukung pola asuh ini adalah dari faktor internal meliputi kemauan kuat dari anak untuk bisa, kesadaran diri anak yang tinggi dan ambisi orang tua yang tinggi untuk menjadikan anak lebih baik. Serta faktor eksternal yaitu dari lingkungan tempat tinggal dan teman sebayanya yang memberikan banyak dukungan.Sedangkan faktor penghambatnya adalah kesulitan orang tua dalam mengatur waktu, kesulitan dalam mengontrol anak bermain handphone, minimnya pendidikan orang tua, anak masih suka bermain main dan sulit untuk diatur.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Siti Rohmaturrosyidah Ratnawati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Nov 2021 01:44
Last Modified: 15 Nov 2021 01:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16381

Actions (login required)

View Item View Item