Peran Progam Ekstrakurikuler Rohani Islam Dalam Meningkatkan Kesetiakawanan Sosial dan Motivasi Belajar Siswa di SMAN 2 Ponorogo

Andany, Herry (2021) Peran Progam Ekstrakurikuler Rohani Islam Dalam Meningkatkan Kesetiakawanan Sosial dan Motivasi Belajar Siswa di SMAN 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317291_HERRY ANDANY_SKRIPSI WATERMARK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Andany, Herry. 2021. Peran Program Ekstrakurikuler Rohani Islam dalam Meningkatkan Kesetiakawanan Sosial dan Motivasi Belajar Siswa di SMAN 2 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Muhammad Heriyudanta, M.Pd.I

Kata Kunci: Peran, Rohis, Kesetiakawanan Sosial, Motivasi Belajar

Pendidikan nasional bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Pengembangan potensi peserta didik sebagaimana dimaksud dalam tujuan pendidikan nasional tersebut dapat diwujudkan melalui kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan esktrakurikuler.
Penelitian ini berawal dari kegelisahan akademis mengenai rasa kesetiakawanan sosial dan motivasi belajar siswa yang akhir-akhir ini mengalami penurunan, sedangkan dalam proses kegiatan belajar mengajar kondisi yang sedemikian rupa merupakan hal yang sangat penting karena dapat menjadi salah satu faktor keberhasilan peserta didik dalam mencapai tujuan pendidikan. Belakangan ini peneliti menemukan adanya pengaruh yang cukup signifikan antara keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler atau organisasi siswa dengan meningkatnya rasa kesetiakawanan sosial serta motivasi belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan peran program ekstrakurikuler rohis dalam meningkatkan kesetiakawanan social di SMAN 2 Ponorogo, (2) mendeskripsikan peran ekstrakurikuler rohis dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMAN 2 Ponorogo, (3) mendeskripsikan hasil peran ekstrakurikuler rohis dalam meningkatkan kesetiakwanan sosial di SMAN 2 Ponorogo.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dan dirancang dengan membuat catatan lapangan yang bersifat deskriptif. Artinya bahwa catatan lapangan ini berisi gambaran tentang latar belakang pengamatan,orang, tindakan dan pembicaraan segala sesuatu yang berhubungan dengan fokus penelitian, serta gambaran tentang kegiatan rohis dalam meningkatkan kesetiakawanan sosial dan motivasi belajar siswa di SMAN 2 Ponorogo.
Dari hasil penelitian ini ditemukan: (1) peran program ekstrakurikuler rohis di SMAN 2 Ponorogo menjadikan peserta didik memiliki rasa kesetiakawanan sosial yang tinggi seperti seringnya bergotong-royong, saling bekerjasama dan peduli terhadap sesama. (2) peran program ekstrakurikuler rohis di SMAN 2 Ponorogo menjadikan peserta didik memiliki dorongan atau motivasi belajar yang tinggi sehingga banyak dari peserta didik yang mengikuti rohis memiliki prestasi akademik yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Heriyudanta
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Nov 2021 01:43
Last Modified: 15 Nov 2021 01:43
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16379

Actions (login required)

View Item View Item