Konsep Pemanfaatan Air dalam Al-Qur'an (Studi Atas Pemikiran Tafsir Ibnu Katsir)

Amburika, Nila Nudiya (2021) Konsep Pemanfaatan Air dalam Al-Qur'an (Studi Atas Pemikiran Tafsir Ibnu Katsir). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210417018_Nila Nudiya Amburika.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Amburika, Nila Nudiya. Konsep Pemanfaatan Air dalam al-Qur’an (studi atas pemikiran Tafsir Ibnu Kathi>r (. Skripsi, Program Studi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir, Jurusan Ushuluddin Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, IAIN Ponorogo.

Kata Kunci: Konsep Air, Manfaat, al-Qur’an.

Permasalahan umum yang di angkat peneliti disini adalah fenomena yang berkaitan dengan adanya kekeringan air di bumi serta banyak manusia yang menyia-nyiakan air. Dimana fungsi air adalah sebagai kebutuhan pokok dan esensial bagimanusia dan makhluk hidup di muka bumi ini, oleh karena itu keberadaannya merupakan anugerah teragung yang dilimpahkan Allah kepada seluruh makhluknya, sebab dengan air Allah menghidupkan segala makhluk diatas bumi ini, menyebarkan rejeki melalui pemanfaatannya sebagai zat yang menumbuhkan tanaman, sebagai minuman bagi binatang ternak dan bahkan sebagai sumber energi yang dapat diperbaharui. Jadi, perlu adanya aturan untuk mencapai fungsi dan tujuan tersebut dengan baik sesuai adat dan prilaku di masyarakat pada saat ini. Untuk itu, peneliti ingin mengambil pemikiran Ibnu Kathi>r dikarenakan tafsir ini termasuk tafsir modern dan tafsir yang digunakan masih sangat relevan digunakan pada kondisi masyarakat pada saat ini.
Masalah penelitian ini akan dirumuskan ke dalam dua rumusan masalah yakni: pertama, bagaimana makna air menurut pemikiran Ibnu Kathi>r, kedua, bagaimana konsep pemanfaatan air menurut tafsir Ibnu Kathi>r.
Penelitian ini termasuk kepustakaan (library reseach). Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif analisis. Adapun pendekatan menggunakan metode kebahasaanya itu mendiskripsikan data yang telah dikumpulkan, kemudian menganalisa untuk menemukan jawaban yang dapat mendekati persoalan yang dikemukakan, dianalisa sebelum dituangkan kedalam sebuah gagasan dengan menggunakan Teori Musgrev tentang Manfaat.
Fokus penelitian ini adalah ayat-ayat al-Qur’an yang berkaitan dengan makna dan manfaat air. Adapun makna air menurut pemikiran Ibnu Kathi>r dibagi menjadi 3, yaitu: Rezeki, yaitu air berperan sebagai kebutuhan hidup. Nikmat, yaitu air yang keluar dan turun untuk menumbuhkan tanaman dan tumbuhan yang ada di bumi. Azāb yaitu: bahaya maupun hukuman bagi makhluk Allah; 2) adapun Konsep Pemanfaatan Air menurut pemikiran Ibnu Katsir dibagi menjadi 4 bagian sebagai berikut: 1. Air sebagai bahan ekonomis2. Sarana Ibadah 3. Sarana Transportasi 4. Sumber energi serta menstabilitaskan suhu pada bumi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Iswahyudi
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Nov 2021 01:42
Last Modified: 15 Nov 2021 01:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16378

Actions (login required)

View Item View Item