PENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN DAN MENULIS AYAT AL-QURAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTSN 3 MADIUN PADA MATA PELAJARAN AL-QURAN HADITS TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Rohmah, Alviani Nur Baiti (2021) PENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN DAN MENULIS AYAT AL-QURAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTSN 3 MADIUN PADA MATA PELAJARAN AL-QURAN HADITS TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210317275_ALVIANI NUR BAITI ROHMAH_UPLOUD PERPUS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pencapaian hasil yang maksimal pada mata Al-Quran Hadits dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah kemampuan membaca Al-Quran dan kemampuan menulis ayat Al-Quran. keduanya memiliki peran besar dalam menentukan hasil belajar Al-Quran Hadits. Siswa yang memiliki kemampuan membaca Al-Quran dan kemampuan menulis ayat Al-Quran akan mendapatkan hasil belajar yang maksimal, begitupun sebaliknya. Namun realitanya di MTsN 3 Madiun masih terdapat sejumlah siswa yang memiliki hasil belajar Al-Quran Hadits dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM)yaitu dibawah 70. Hal tersebut tentunya karena faktor kemampuan membaca Al-Quran dan kemampuan menulis ayat Al-Quran yang kurang maksimal. Penelitian tergolong kuantitatif dengan jenis ex post facto. Adapun sumber data diperoleh dari populasi yang berjumlah 247 siswa, lalu peneliti mengambil populasi 50% dari sampel tersebut dengan jumlah 124 siswa di kelas VIII MTsN 3 Madiun. Selanjutnya untuk teknik pengumpulan data peneliti menggunakan tes dan dokumentasi. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca Al-Quran dan menulis Ayat Al-Quran berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar Al-Quran hadits. Berdasarkan perhitngan koefisien determinasi, didaptkan kemampuan membaca Al-Quran dan menulis Ayat Al-Quran berpengaruh sebesar 37.5% terhadap hasil belajar Al-Quran hadits dan 14.1% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak sedang diteliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Afif Syaiful Mahmudin
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Nov 2021 06:21
Last Modified: 12 Nov 2021 06:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16370

Actions (login required)

View Item View Item