Penerapan Metode Inkulkasi Dalam Membentuk Moral Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 3 Magetan

Kurniawan, Afandi (2021) Penerapan Metode Inkulkasi Dalam Membentuk Moral Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 3 Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210317044_ Afandi Kurniawan_ Pendidikn Agama Islam.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Kurniawan, Afandi. 2021. Penerapan metode inkulkasi dalam membentuk moral siswa di Madrasah Aliyah Negeri 3 Magetan. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Sugiyar,M. Pd.I.

Kata Kunci : Metode inkulkasi, Pendidikan Moral
Penanaman nilai akhir-akhir ini menjadi perbincangan yang hangat dikalangan praktisi pendidikan, sebab melihat sebuah kenyataan pahit, bahwa sekarang ini bangsa kita mengalami dekadensi moral, baik dari generasi muda sampai generasi tua. Kondisi inilah yang menjadi pusat perhatian dan alasan kuat untuk menjadikan penanaman nilai harus di revitalisasi kembali di lembaga-lembaga pendidikan, penanam nilai, baik nilai agama atau nilai moral ataupun karakter. Dalam mengembangkan penanaman nilai dapat bisa dilakukan dengan cara menerapkan teori yang dilakukan oleh tokoh-tokoh, salah satunya Howard krischenbaum merumuskan penanaman nilai dengan cara identifikasi nilai-nilai target, membaca buku sastra dan nonfiksi, dan bercerita.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan pelaksanaan metode inkulkasi dalam membentuk moral siswa di Madrasah Aliyah Negeri 3 Magetan. 2) untuk menjelaskan dampak metode inkulkasi terhadap moral siswa di Madrasah Aliyah Negeri 3 Magetan
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dilakukan dengan mengamati fenomena alamiah yang terjadi di lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observvasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data Creswell dengan teknik: mengorganisasikan data; membaca dan membuat memo; mendeskripsikan, mengklasifikasikan, dan menafsirkan data menjadi kode dan tema; menafsirkan data; menyajikan dan menvisualisasikan data
Adapun hasil penelitian “penerapan metode inkulkasi dalam membentuk moral siswa di Madrasah Aliyah Negeri 3 magetan”, dapat disimpulkan sebagai berikut : 1) pelaksanaan metode inkulkasi terhadap siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri 3 Magetan dilakukan melalui beberapa cara, antara lain: melalui program pembiasaan, kegiatan intrakurikuler, kegiatan ekstrakurikuler, dan keteladanan. Pelaksanaan penanaman nilai sudah baik, karena satu cara dengan cara yang lain saling melengkapi. 2) dampak metode inkulkasi terhadap moral siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri 3 Magetan sudah baik. Terdapat sikap dan moral yang muncul pada diri siswa-siswi madrasah, antara lain: ketaqwaan, akhlakul karimah, kedisiplinan, toleransi, menghormati dan menghargai orang lain, bertanggungjawab, peduli terhadap lingkungan, dan mandiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sugiyar
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Nov 2021 02:20
Last Modified: 11 Nov 2021 02:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16356

Actions (login required)

View Item View Item