Implementasi Metode An-Nahdliyah Dalam meningkatkan Minat Membaca Al-Qur'an Dan Penguasaan Ilmu Tajwid (Studi Kasus Di TPQ Abdurrahman Biting Badegan Ponorogo)

Arisa, Vila Ali (2021) Implementasi Metode An-Nahdliyah Dalam meningkatkan Minat Membaca Al-Qur'an Dan Penguasaan Ilmu Tajwid (Studi Kasus Di TPQ Abdurrahman Biting Badegan Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Vila Ali Arisa_210317091_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Arisa,Vila Ali.2021. implementasi pembelajaran metode An-Nahdliyah dalam meningkatkan minat membaca Al-Qur’an dan penguasaan ilmu tajwid (studi kasus di TPQ Abdurrahman Desa Biting Badegan Ponorogo).2021.Skripsi.jurusan Pendidikan Agama islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Arif Rahman Hakim, M.Pd.

Kata Kunci: Metode An-Nahdliyah, Minat membaca Al-Qur’an, dan Penguasaan Ilmu Tajwid

Realitas yang terjadi menunujukkan adanya penurunan minat membaca Al-Qur’an di tengah masyarakat.Dengan demikian menunujukkan adanya penurunan minat membaca Al-Qur’an di tengah masyarakat.Di dalam era sekarang ini masyarakat menginginkan segala sesuatu itu serba cepat ditengah jadwal yang padat. Sementara membaca Al-Qur’an membutuhkan waktu yang tidak singkat, ditambah minat membaca Al-Qur’an menurun maka akan berdampak juga pada penguasaan ilmu tajwid yang rendah. Jadi dibutuhkannya metode yang cepat dan tepat guna untuk efisiensi waktu dan tenaga.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan pelaksanaan metode An-Nahdliyah di TPQ Abdurrahman Desa Biting Badegan Ponorogo.(2) Untuk mendiskripsikan dampak penerapan metode An-Nahdliyah terhadap minat membaca Al-Qur’an santri di TPQ Abdurrahman Desa Biting Badegan Ponorogo.(3) Untuk mendiskripsikan dampak penerapan metode An-Nahdliyah terhadap penguasan ilmu tajwid santri di TPQ Abdurrahman Desa Biting Badegan Ponorogo.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualilitatif dengan jenis studi kasus. Teknis analisis data menggunakan teknis analisis dan model Miles dan Huberman, meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Berdasarkan pembahasan dan temuan penelitian bahwa(1) pelaksanaan kegiatan pembelajaran Al-Qur’an di TPQ Abdurrahman ini sudah terimplementasikan sesuai dengan metode An-Nahdliyah dengan dibuktikan telah mencanangkan dua program, Pertama paket jilid 1 sampai 6 dan yang kedua program Al-Qur’an. (2) minat membaca Al-Qur’an di TPQ Abdurrahman ini rata rata menyukainya, terlihat dari santri yang rajin masuk ngaji, selalu mengerjakan tugas dari guru, dan mereka antusias ketika pembelajaran.(3) penguasaan ilmu tajwid di TPQ Abdurrahman ini rata rata sudah bisa, hal ini dapat dilihat ketika santri dapat menirukan bacaan yang dicontohkan gurunya yang sesuai dengan kaidah kaidah tajwid dipandu dengan stik sebagai ketukan panjang pendeknya bacaan disertai dengan iramanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Rahman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Nov 2021 02:19
Last Modified: 11 Nov 2021 02:19
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16353

Actions (login required)

View Item View Item