Hubungan Persepsi Peserta Didik Tentang Kompetensi Kepribadian Guru Dengan Karakter Religius Kelas V Di MIN 1 Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021

Sari, Wiwin Trisna (2021) Hubungan Persepsi Peserta Didik Tentang Kompetensi Kepribadian Guru Dengan Karakter Religius Kelas V Di MIN 1 Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210617053_WIWIN TRISNA SARI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sari, Wiwin Trisna. 2021. Hubungan Persepsi Peserta Didik tentang Kompetensi Kepribadian Guru dengan Karakter Religius Kelas V di MIN 1 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing, Anis Afifah, M.Pd.
Kata Kunci: Persepsi, Kepribadian Guru, Karakter Religius
Karakter religius merupakan sikap dan perilaku yang dekat dengan hal-hal spiritual. Seseorang dikatakan religius adalah mereka yang berusaha mendekatkan dirinya dengan tuhan sebagai penciptanya dan patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya. Karakter religius sangat penting untuk dikembangkan pada peserta didik dalam rangka mengosntruk perkataan, pikiran serta tindakan peserta didik yang diusahakan untuk selalu didasarkan pada nilai dan norma ketuhanan berdasarkan pada ajaran agama yang dianut. Bahwa ajaran agama yang dianut peserta didik benar-benar dihayati, dipahami dan dilaksanakan pada setiap harinya. Kompetensi kepribadian merupakan modal dasar seorang guru dalam menjalankan tugasnya secara professional yang berkaitan dengan bagaiaman seorang guru mempunyai nilai-nilai karakter yang baik yang tercermin dalam perilaku sehari-hari. Oleh karena itu guru dituntut untuk memiliki kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif, berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik dan berakhlak mulia. Beberapa aspek kompetensi kepribadian tersebut yang nantinya akan dijadikan teladan dan mampu membawa perubahan bagi peserta didik. Terutama mengenai karakter religius peserta didik.
Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mendeskripsikan kompetensi kepribadian guru kelas V di MIN 1 Ponorogo. 2. Untuk mendeskripsikan karakter religius peserta didik kelas V di MIN 1 Ponorogo. 3. Untuk mengetahui hubungan kompetensi kepribadian guru dengan karakter religius peserta didik kelas V di MIN 1 Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021.
Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Berdasarkan jenis penelitian tersebut maka pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan korelasi. Adapun teknik korelasi yang digunakan adalah teknik korelasi product moment. Teknik korelasi product moment adalah teknik untuk mengetahui tingkat keeratan hubungan antar variabel. Bertujuan untuk mengetahui apakah variabel kompetensi kepribadian guru berhubungan dengan variabel karakter religius peserta didik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. kompetensi kepribadian guru berada pada kriteria sedang dengan nilai rata-rata 87,94. Terdapat satu peserta didik yang memperoleh skor maksimum sebesar 99 dengan presentase 1,5%, dan terdapat satu peserta didik yang memperoleh skor minimum sebesar 62 dengan presentase 1,5%. 2. karakter religius peserta didik berada pada kriteria sedang dengan nilai rata-rata 80,81. Terdapat satu peserta didik yang memperoleh skor maksimum sebesar 99 dengan presentase 1,5% dan terdapat satu peserta didik yang memperoleh skor minimum sebesar 47 dengan presentase 1,5%. 3. Kompetensi kepribadian guru berhubungan dengan karakter religius peserta didik, dengan tingkat korelasi sedang yaitu sebesar 0,522.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Anis Afifah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Nov 2021 02:17
Last Modified: 22 Nov 2021 04:14
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16350

Actions (login required)

View Item View Item