..(SCAN SATU LEMBAR PENUH PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOADS ULANG)..Dinamika Sosial Pemuda Islam Melalui Kegiatan Remaja Masjid As-Sholihin (Studi Kasus di Dusun Mlaten Desa Geger Kecamatan Geger Kabupaten Madiun)

Mujahid, Fatoni (2021) ..(SCAN SATU LEMBAR PENUH PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOADS ULANG)..Dinamika Sosial Pemuda Islam Melalui Kegiatan Remaja Masjid As-Sholihin (Studi Kasus di Dusun Mlaten Desa Geger Kecamatan Geger Kabupaten Madiun). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi.Fatoni Mujahid.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Mujahid, Fatoni. 2021. Dinamika Sosial Pemuda Islam Melalui Kegiatan Remaja Masjid As-Sholihin(Studi kasus di Dusun Mlaten Desa Geger Kecamatan Geger Kabupaten Madiun)Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Drs.Waris, M.Pd.

Kata Kunci: Dinamika Sosial, Pemuda Islam, Remaja Masjid
Remaja Masjid As-Sholihin merupakan salah satu Organisasi yang berada di dusun Mlaten Desa Geger Kecamatan Geger Kabupaten Madiun.Keberadaan organisasi remaja masjid As-Sholihin menjadi salah satu wadah pemersatu dari ide dan gagasan para remaja dan pemuda islam di Dusun Mlaten dimana para pemuda merupakan tonggak estafet masa depan. Melalui bimbingan, arahan, dan kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh remaja masjid As-Sholihin memberikan dampak perubahan bagi para pemuda islam di daerah tersebut sehingga melalui kegiatan yang positif diharapkan mampu memberi dorongan dalam upa ya membentuk pemuda yang unggul dan berjiwa sosial tinggi
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan bagaimana dinamika sosial keagamaan pemuda islam dan dinamika sosial budaya pemuda islam serta mengetahui bagaimana dinamika sosial kemasyarakatan pemuda islam melalui kegiatan Remaja Masjid As-Sholihin
Jenis penelitianini adalah penelitian kualitatif, dengan pendekatan studikasus di Dusun Mlaten Desa Geger Kabupaten Madiun.Untuk prosedur pengumpulan data menggunakan teknik, wawancara observasi dan dokumentasi. Sedangkan pada analisis datanya menggunakan konsep Miles dan Hubermant meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian dapat ditemukan bahwa: (1) Melalui kegiatan Remaja Masjid As-Sholihin yang selama ini sudah berjalan dapat menjadi faktor pendorong terjadinya dinamika sosial keagamaan terhadap para pemuda islam di Dusun Mlaten, Desa Geger.Para pemuda mulai aktif mengikuti kegiatan keagamaan seperti solat berjamaah di masjid, istighotsah, kegiatan Yasinan rutin, dan kegiatan keagamaan lainnya. Nilai religius mulai tertanam pada jiwa pemuda islam dibandingkan sebelumnya. (2) Melalui kegiatan Remaja Masjid As-Sholihin dapat memberikan suatu kebiasaan terhadap para pemuda dan remaja islam, hal ini lambat laun menjadi sebuah budaya baru bagi para pemuda, mulai dari cara berpakaian, perilaku dan sikap yang lebih santun, serta kebiasaan saling peduli terhadap sesama warga. Kebiasaan yang sebelumnya bisa dikatakan kurang baik, melalui kegiatan Remaja Masjid As-Sholihin dapat berubah secara berangsur-angsur.(3) Perubahan sosial kemasyarakatan para pemuda islam melalui kegiatan Remaja Masjid As-Sholihin terlihat seperti munculnya kepedulian sosial terhadap sesama, saling gotong royong, berbagi kasih santunan anak yatim, kerjabakti lingkungan, membantu warga yang terkena musibah, membantu warga yang sedang hajatan dan juga memberikan sumbangsih dana kepada warga yang kekurangan melalui dana kas Remaja Masjid As-Sholihin.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Waris
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Nov 2021 02:17
Last Modified: 11 Nov 2021 02:17
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16349

Actions (login required)

View Item View Item