Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Tematik Di Sekolah Dasar Negeri Joresan Tahun Pelajaran 2020/2021

Prastyaningsih, Yuliana Putri (2021) Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Tematik Di Sekolah Dasar Negeri Joresan Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210617003_Yuliana Putri Prastyaningsih.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Ningsih, Yuliana Putri Prastya. 2021. Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran Tematik di Sekolah Dasar Negeri Joresan Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Esti Yuli Widayanti, M. Pd.
Kata Kunci: Perhatian Orang Tua, Motivasi dan Hasil Belajar Tematik
Penelitian ini di latar belakangi hasil belajar siswa masih tergolong rendah. Hal tersebut dikarenakan banyak siswa yang masih malas untuk mengerjakan tugas, tidak memperhatikan guru saat proses belajar mengajar berlangsung, dan nilai harian siswa masih banyak di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh faktor eksternal dan internal. Faktor internal berasal dari motivasi, kecerdasan, minat, kesehatan siswa. Faktor eksternal berasal dari keluarga, contohnya peranan orang tua yang memberikan faktor utama dalam keberhasilan belajar anaknya. Orang tua dapat memberikan berbagai cara untuk metode belajar kepada anak saat di rumah, agar meningkatkan semangat anak dalam belajar. Perhatian orang tua yang diberikan kepada anak akan berpengaruh terhadap hasil belajar anak di sekolah. Motivasi kepada anak berpengaruh pada keberhasilan anak. Perhatian dan motivasi yang diberikan oleh orang tua kepada anak-anak, akan memberikan hasil belajar yang baik nantinya bagi anak.
Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) signifikansi pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran tematik di Sekolah Dasar Joresan Mlarak, 2) signifikansi pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran tematik di Sekolah Dasar Joresan Mlarak, 3) signifikansi pengaruh perhatian orang tua dan motivasi terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran tematik di Sekolah Dasar Joresan Mlarak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penelitian ex post facto. Penelitian ex post facto merupakan penelitian yang telah terjadi sebelum peneliti melakukannya. Peneliti tidak melakukan kontrol terhadap perlakuan tersebut. Populasi yang di ambil dari 2 kelas dengan banyaknya 37 siswa. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh dan pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis ini menggunakan regresi linier berganda dan regresi linier sederhana.
Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa: 1) perhatian orang tua berpengaruh secara signifikan tehadap hasil belajar pada pelajaran tematik siswa kelas IV di Sekolah Dasar Joresan Mlarak, dengan pengaruh sebesar 52%. 2) motivasi berpengaruh secara signifikan tehadap hasil belajar pada pelajaran Tematik siswa kelas IV di Sekolah Dasar Joresan Mlarak, dengan pengaruh sebesar 55,2%. 3) perhatian orang tua dan motivasi berpengaruh secara signifikan tehadap hasil belajar pada pelajaran Tematik siswa kelas IV di Sekolah Dasar Joresan Mlarak, dengan pengaruh sebesar 74,5%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Esti Yuli Widayanti
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Nov 2021 02:15
Last Modified: 11 Nov 2021 02:15
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16344

Actions (login required)

View Item View Item