IMPLEMENTASI METODE PUNISHMENT DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA MA SULAMUL HUDA MLARAK PONOROGO

Nurwijayanti, Dyah Yuli (2021) IMPLEMENTASI METODE PUNISHMENT DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA MA SULAMUL HUDA MLARAK PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210317173_DYAH YULI NURWIJAYANTI_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Nurwijayanti, Dyah Yuli. 2021. Implementasi Metode Punishment Dalam Pembentukan Karakter Disiplin siswa di MA Sulamul Huda Mlarak Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing, Muhammad Heriyudanta, M.Pd.I.
Kata Kunci: Punishment, Karakter Disiplin
Karakter yang ada di MA Sulamul Huda Mlarak Ponorogo ini ada untuk membentuk kedisiplinan siswa. Supaya mereka memiliki keinginan untuk berubah menjadi lebih baik lagi. Hukuman juga diberikan pada siswa guna mendapatkan efek jera, pemberian hukuman ini tidak berupa fisik namun diharapkan bisa memberikan hal positif pada siswa di kemudian hari.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan karakter yang ada di MA Sulamul Huda Mlarak Ponorogo (2) mendeskripsikan implementasi metode punishment dalam membentuk karakter disiplin pada siswa MA Sulamul Huda Mlarak Ponorogo (3) mendeskripsikan implikasi dari metode punishment pada siswa MA Sulamul Huda Mlarak Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan konsep Miles dan Huberman dengan menggunakan langkah-langkah meliputi reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Berdasarkan pembahasan dan temuan penelitian bahwa (1) karakter yang ada di MA Sulamul Huda Mlarak Ponorogo, yaitu: disiplin, religius dan tanggung jawab. Ketiga karakter itulah yang menonjol di MA Sulamul Huda Mlarak Ponorogo. (2) implementasi metode punishment dalam membentuk karakter disiplin di MA Sulamul Huda Mlarak Ponorogo, dengan tadarus Al-Quran, hafalan mufrodat atau vocab, dan menjalankan shalat duha. (3) implikasi metode punishment pada siswa MA Sulamul Huda Mlarak Ponorogo, tadarus Al-Quran: tepat waktu saat pembelajaran dan semakin lancar membaca Al-Qur’an, hafalan mufrodat atau vocab: bertambahnya kosa kata serta lancar dalam berbahasa Arab dan bahasa Inggris, menjalankan shalat duha: menambah ibadah sunnah serta untuk lebih tertib shalat berjamaah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Heriyudanta
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Nov 2021 05:35
Last Modified: 08 Nov 2021 05:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16343

Actions (login required)

View Item View Item