Pengelolaan Dan Pengembangan Wakaf Di Pondok Pesantren Ali-Muttaqin Ponorogo

Sidiq, Koliq Hasbia (2021) Pengelolaan Dan Pengembangan Wakaf Di Pondok Pesantren Ali-Muttaqin Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211616016 Koliq Hasbia Sidiq Mazawa.pdf

Download (836kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Koliq, Hasbia, Sidiq. 2021. Pengelolaan dan Pengembangan Wakaf di Pondok

Pesantren Ali-Muttaqin Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Zakat dan Wakaf Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing IKA SUSILAWATI, SE., M.M.

Kata kunci: Pengelolaan dan Pengembangan, wakaf pondok.

Skripsi yang berjudul “Pengelolaan dan Pengembangan Wakaf di Pondok Pesantren Ali-Muttaqin Ponorogo” ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana pengelolaan dan pengembangan wakaf di Pondok Pesantren Ali-Muttaqin (PPA-M) Ponorogo? Dan bagaimana faktor pendukung dan penghambat pengelolaan dan pengembangan wakaf di (PPA-M) Ponorogo?.
Metode penelitian yang digunakan pendekatan penelitian kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dan orang-orang dan perilaku yang diamati. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode induktif. Pengumpulan data dalam penelitian kualitatif dilakukan pada natural setting (kondisi yang alamiah), sumber data primer, dan teknik pengumpulan data lebih banyak pada observasi berperan serta (participan observasi), wawancara mendalam dan dokumentasi. Wawancara dilakukan secara langsung kepada pihak Pemimpin Pondok Pesantren Ali-Muttaqin Ponorogo dan Wakil Pemimpin Pondok Pesantren Ali-Muttaqin Ponorogo.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan dan pengembangan wakaf di Pondok Pesantren Ali-Muttaqin (PPA-M) Ponorogo berpedoman pada aspek pengelolaan wakaf produktif yaitu, 1) aspek kelembagaan, 2) aspek manajemen nadzir, 3) aspek akutansi dan auditing lembaga wakaf. Pondok Pesantren Ali-Muttaqin (PPA-M) Ponorogo mengelola aset wakaf sepenuhnya digunakan untuk pendidikan pesantren. Pengembangan wakaf Produktifnya dengan mengembangkan bangunan-bangunan baru dan sistem pendidikan yang sudah bertaraf internasional, serta pembiayaan yang ada menggunakan model institusional yaitu model pembiayaan zaman sekarang ini tetap harus berdasarkan prinsip pembiayaan Islami yang telah dikenal baik, yaitu prinsip berbagi hasil/resiko, prinsip jual beli, dan prinsip sewa. Faktor pendukung pengelolaan dan pengembangan wakaf Pondok Pesantren Ali-Muttaqin (PPA-M) Ponorogo dilihat dari sisi internal dan eksternalnya, dari sisi internalnya adalah proses pembelajaran yang berkualitas, adanya guru, karyawan, sedangkan faktor eksternalnya adalah adanya dukungan dari pihak luar dari pesantren yaitu pemerintah kota ataupun desa. Adapun faktor yang menghambat pengelolaan dan pengembangan wakaf produktif dilihat dari faktor internalnya adalah masih kurangnya gedung madrasah, sarana prasarana, fasilitas dan untuk faktor eksternalnya adalah faktor administrasi tanah wakaf, serta dana untuk mengembangkan wakaf. Upaya nadzir dalam pengelolaannya adalah dengan memanfaatkan tanah wakaf dengan kegiatan yang positif dan tidak menyeleweng dari agama. Sedangkan untuk pengembangan yang diupayakan nadzir adalah dengan membuat pendidikan untuk kemajuan Pondok Pesantren Ali-Muttaqin (PPA-M) Ponorogo ataupun Pimpinan Pondok Pesantren Ali-Muttaqin (PPA-M) Ponorogo sebagai nadzir melaksanakan perannya sesuai dengan Undang-undang yang ada, akan tetapi ada satu tugas yang belum terlaksana yaitu belum adanya dana untuk membangun penambahan gedung, asrama, dan fasilitas-fasilitas lain.
Adapun saran untuk peneliti selanjutnya adalah agar dapat meneliti lebih dalam lagi terkait Pengelolaan dan Pengembangan Wakaf diPondok Pesantren Ali-Muttaqin (PPA-M) Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: IKA SUSILAWATI
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Nov 2021 01:27
Last Modified: 08 Nov 2021 01:27
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16327

Actions (login required)

View Item View Item