...(LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN, PENGESAHAN, KEASLIAN DAN PERSETUJUAN PUBLIKASI SESUAI PEDOMAN, UPLOAD ULANG)...UPAYA PENANAMAN NILAI AKHLAK PADA SISWA SMA MELALUI PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PONOROGO

pramono akbar, idris akbar (2021) ...(LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN, PENGESAHAN, KEASLIAN DAN PERSETUJUAN PUBLIKASI SESUAI PEDOMAN, UPLOAD ULANG)...UPAYA PENANAMAN NILAI AKHLAK PADA SISWA SMA MELALUI PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
idris akbar pramono s1-dikonversi.pdf

Download (600kB) | Preview

Abstract

Pramono, Akbar Idris. 2021. Upaya Penanaman Nilai Akhlak Pada Siswa SMA Melalui Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Masa Pandemi Covid-19 Di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. Skripsi.Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Arif Rahman Hakim,M.Pd.
Kata kunci: Penanaman Nilai Akhlak, Pembelajaran Jarak Jauh(PJJ)
Penelitian ini dilatar belakangi oleh: Upaya Penanaman Nilai Akhlak pada Siswa SMA Melalui Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Masa Pandemi Covid-19 di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. Tujuan penelitian ini adalah: (1). Untuk mengetahui Upaya penanaman nilai akhlak pada siswa SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo 2). Untuk mengetahui Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo, 3).Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat (PJJ) Di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo.
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan. Penelitian ini mengutamakan metode kualitatif studi kasus, yang menjelaskan tentang upaya penanaman nilai akhlak pada Siswa SMA melalui Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. Data yang diperoleh yakni data-data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi kemudian menjelaskannya dalam bentuk uraian kata-kata bukan berupa angka yang selanjutnya dipaparkan dalam bentuk laporan bersifat analisis.
Dari penelitian ini penanaman nilai-nilai akhlak pada siswa SMA melalui Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di masa pandemi covid-19 di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo akan lebih mudah tercapai karena penanaman akhlak melalui pembiasaan pendidikan formal di sekolah, juga diterapkan
pendidikan informal di keluarga dan pendidikan non formal di masyarakat.
Hasil penelitian Ini yang berjudul: Upaya Penanaman Nilai Akhlak Pada Siswa SMA Melalui Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Masa Pandemi Covid-19 Di SMA Muhammadiyah1 Ponorogo yaitu: 1.) Langkah Penanaman Nilai Akhlak yang ada di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo yaitu: a). Sholat dhuhur secara berjama’ah, b). Sebelum masuk pelajaran pertama siswa dan guru membaca surat-surat pendek, c). Guru menyambut siswa untuk cek tubuh kemudian masuk ke sekolah, 2). Faktor Penghambat Dalam Menanamkan Nilai-Nilai AkhlakDi SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo yaitu: a). Di daerah pedesaan sinyal kurang baik, b). Subsidi kuota dari sekolah kurang, c). Motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran jarak jauh tersebut motivasi nya dari guru tersebut kurang mendukung, d). Guru dapet melihat siswa senang atau tidak senang dalam mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ) pada saat pelajaran online.
Faktor Pendukung Dalam Menanamkan Nilai-Nilai AkhlakDi SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo yaitu:a). Di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo BK itu membuat buku tata tertib sekolah( tartib) yang diberikan oleh siswa guru BK bisa melihat tingkah laku siswa didalam buku tersebut, b). Penanaman nilai akhlak Di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo itu sudah baik, c). Di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo tersebut guru bisa melihat dari buku tartib (tata tertib sekolah) yang di mana buku tata tertib sekolah tersbut itu ada point sendiri sendiri.
Hasil Penanaman Nilai Akhlak Pada Siswa Di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo yaitu Penanaman nilai akhlak yang ada di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo tersebut nilai akhlak sangat baik, contoh:ketika pagi hari sebelum melaksanakan KBM siswa melakukan doa setiap pagi dan membaca al-qur’an, sholat dhuhur berjama’ah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Rahman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Nov 2021 01:22
Last Modified: 08 Nov 2021 01:22
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16326

Actions (login required)

View Item View Item